Rabu 18 November 2020, 02:40 WIB

Poxvirus Penyebab Jerawat di Alat Kelamin

MI | Humaniora
Poxvirus Penyebab Jerawat di Alat Kelamin

sciencemag.org
Poxvirus

 

PENYAKIT Moluskum kontagiosum (MK) merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang masih asing di telinga masyarakat. Padahal, penyakit ini sangat menular.

“Mengenali gejala penyakit ini tidak mudah, sehingga deteksi dini sulit dilakukan,” kata CEO Klinik Pramudia, Anthony Handoko, belum lama ini.

Moluskum kontagiosum (MK) merupakan infeksi pada kulit yang disebabkan poxvirus. MK menimbulkan benjolan dengan ukuran diameter biasanya kurang dari 0,25 inci dan memiliki titik kecil di tengah benjolannya.

Penyakit ini merupakan infeksi virus yang sangat menular dan dapat ditularkan dari orang ke orang melalui kontak kulit ke kulit, berbagi pakaian, atau hanya dengan menyentuh benda yang disentuh penderita yang terinfeksi.

Penularan MK terjadi karena kontak langsung pada kulit yang erat dan berulang (seksual maupun nonseksual) serta autoinokulasi pada garukan.

“Masa inkubasinya berlangsung antara 2- 6 bulan. Bentuk klinis dari gejala di kulit hampir menyerupai jerawat dan cepat menjadi banyak,” kata Anthony.

MK pada anak merupakan infeksi virus yang menyerang kulit, sedangkan MK pada dewasa dianggap sebagai penyakit infeksi menular seksual (IMS).

Untuk mencegah tertularnya dari virus MK, selain menghindari kontak fisik dengan penderita, masyarakat perlu untuk selalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, serta selalu menjaga kebersihan.

“Berobatlah segera ke dokter kulit dan kelamin, jika mendapati jerawat yang cepat sekali bertambah banyak di sekitar area genital (kelamin) pada orang dewasa dan di sekitar punggung, kaki, tangan, dan dada pada anak,” cetusnya.

Klinik Pramudia selama setahun terakhir menangani 2-4 kasus MK per bulan pada anak usia 2-10 tahun maupun dewasa. Ditemukan juga beberapa kasus MK pada pasien dengan gangguan sistem imun seperti pada penderita HIV.

Bila diobati dengan benar dan tidak terjadi kontak ulang terhadap sumber penularan, menurut Anthony, jarang terjadi kekambuhan pada MK. “ Pengobatan pada anak jauh lebih sulit daripada orang dewasa,” pungkasnya. (Ata/H-2)

 

Baca Juga

DOK Kenari Daja

Kenari Djaja Award 2021 Bentuk Dukungan Terhadap Karya Anak Bangsa

👤Widhoroso 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:40 WIB
KOMPETISI desain handle atau gagang pintu yang digelar Kenari Djaja sukses memunculkan desain-desain inovatif dari...
Antara

Menteri PPPA Puji Protes Guru dan Murid Tolak Pernikahan Anak

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:30 WIB
Menurutnya, aksi penolakan ini menunjukkan kesadaran bahwa pernikahan anak di bawah umur tidak sepatutnya...
DOK Pribadi.

KLHK dan Le Minerale Inisiasi Standardisasi Bank Sampah

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:17 WIB
Bank Sampah Bersinar mendapatkan penghargaan sebagai Bank Sampah Terbaik se-Indonesia pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bank Sampah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya