Senin 16 November 2020, 09:40 WIB

Undip Buka Prodi S2 Teknik Kelautan Mulai 2022

Haryanto | Humaniora
Undip Buka Prodi S2 Teknik Kelautan Mulai 2022

Istimewa
Universitas Diponegoro

 

PENGELOLA  Program Studi (Prodi) Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (Undip) kini tengah mematangkan persiapan untuk membuka Program Magister (Strata-2) Teknik Kelautan yang dijadwalkan bisa dimulai Tahun 2022. Kepala Departemen dan Kaprodi Teknik Perkapalan Fak Teknik Universitas Diponegoro, Dr Eng Hartono Yudo ST MT, saat ini Prodi Teknik Perkapalan sudah memiliki Akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), sehingga dimungkinkan membuka program magister.

"Kami menjadi bagian dari fakultas teknik, prioritasnya tahun ini adalah perbaikan akreditasi prodi lain agar semuanya bisa memperoleh Akreditasi A. Karena itu target pembukaan magister teknik kelautan kita jadwalkan tahun 2022," kata Hartono Yudo di Kampus Undip Tembalang Semarang, Senin (16/11).

Hal itu berkait dengan berbagai persiapan dan kesungguhan pengelola program yang didukung fakultas dan universitas dalam persiapan yang dilakukan. 

"Intinya pengajuan proposal izin Magister Teknik Kelautan mendapat dukungan semua pihak baik fakultas maupun universitas. Oleh karena persiapan yang matang, kami berharap izin dari pemerintah segera turun sehingga di tahun 2022 program sudah bisa dibuka," ungkapnya.

Sementara itu untuk Teknologi Transportasi Antar Pulau mata kuliah yang akan ditawarkan meliputi Desain kapal penyeberangan, Dinamika fluida lanjut, Getaran kapal lanjut, Keandalan struktur dan sistem, Analisa struktur perpipaan, dan Kelelahan struktur kapal. Materi mata kuliah yang ditawarkan, semuanya sudah siap, namun terus disempurnakan.

baca juga: Bangun Aspek Kultur dan Sinergi Untuk Zero Victims Tsunami

Undip juga membuka program  go international untuk prodi Doktor Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik setelah berhasil meraih akreditasi A dari BAN-PT. 

"Kesiapan penyelenggara program pendidikan jenjang strata tiga (S3) itu masuk dalam tataran global juga karena dukungan dari sedikitnya enam guru besar yang aktif mengajar dan membimbing di Prodi," kata Ketua Prodi DIS FISIP Undip, Yuwanto Ph.D.

Dia menyebutkan dukungan enam profesor menjadi modal penting. Apalagi para profesor tersebut memiliki reputasi internasional yang baik.

"Kami optimis melangkah ke tataran global dengan mulai menerima mahasiswa asing dan menjadi penyelenggara kegiatan berskala internasional. Termasuk berkolaborasi dengan berbagai pigak di luar negeri," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Pengendalian Covid-19 Perlu Optimalkan Penerapan One Health Concept

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 07:18 WIB
Konsep one health yang dimaksudnya adalah mengintegrasikan aspek kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan lingkungan hidup dalam satu...
MI/Denny Susanto

Mereka yang Dikalahkan Pandemi

👤Denny Susanto 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 05:50 WIB
SORE itu hujan belum reda. Di dalam rumah sederhana, di salah satu gang di Kelurahan Kuin, Kota Banjarmasin, Kalimantan...
Antara

WWF Ajak #SeruDiRumah untuk Bantu Turunkan Kurva Positif Covid-19

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 06 Agustus 2021, 00:30 WIB
Bantu Turunkan Kurva Positif COVID-19, Campaign.com bersama WWF-Indonesia dan Travelio Ajak Publik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Olimpiade Jadi Tujuan Utama Pembinaan Atlet

INDONESIA berhasil mendapatkan lima medali di Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo, Jepang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya