Sabtu 14 November 2020, 00:10 WIB

Lima Planet Unjuk Diri Sepanjang November

MI | Humaniora
Lima Planet Unjuk Diri Sepanjang November

Sumber: Lapan/Tim Riset MI-NRC

 

SEPANJANG November 2020, lima planet, yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus bisa dilihat dengan mata telanjang, tanpa alat bantu optik asalkan cuaca di lokasi pengamatan cukup cerah, bebas dari polusi cahaya dan penghalang medan pandang.

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Andi Pangerang menjelaskan kelima planet tersebut tidak dapat dilihat sekaligus di waktu yang sama, tetapi dapat terlihat sepanjang malam.

Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Oleh sebab itu, tidak mudah dikenali. Merkurius hanya dapat terlihat beberapa menit menjelang matahari terbit maupun setelah matahari terbenam.

Merkurius dapat dilihat di arah Timur-Tenggara, pada 10 November pukul 04.16 WIB hingga terbit matahari, 15 November pukul 04.17
hingga terbit matahari, 20 November pukul 04.22 hingga terbit matahari, 25 November pukul 04.30 hingga terbit matahari, dan 30 November pukul 04.40 sampai matahari terbit.

“Jika mengalami kesulitan dalam menemukan planet ini, cukup amati langit dengan posisi lebih rendah dari Venus atau dapat menggunakan aplikasi Planetarium melalui gawai,” tuturnya.

Adapun Venus dijuluki sebagai bintang pagi atau bintang fajar karena terbit saat dini hari, atau sekitar pukul 03.30 waktu lokal. Waktu terbit Venus cenderung terlambat beberapa menit setiap harinya.

Venus tergolong sebagai planet paling terang jika diamati dari bumi, bahkan masih dapat teramati di wilayah yang berpolusi cahaya cukup tinggi seperti perkotaan.

Adapun Mars telah mengalami oposisi dengan Matahari pada pertengahan Oktober lalu, yang menandai berakhirnya gerak retrograde Mars. Namun, pada November ini, Mars sedikit meredup dan menduduki posisi kelima setelah Jupiter karena semakin menjauhi bumi dan sudut elongasi yang semakin kecil. Meski begitu, Mars yang kemerahan tetap dapat diamati, bahkan lebih lama dari planet lainnya.

Jupiter dan Saturnus tampak selalu berdekatan sejak berbulanbulan sebelumnya dan semakin mendekat jelang konjungsi Agung Jupiter-Saturnus pada 21 Desember mendatang. Jupiter tampak sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan Saturnus ketika di ufuk barat seusai matahari terbenam.

Jupiter dapat diamati di arah baratbarat daya. Pada 10 November, planet ini terbit setelah matahari terbenam, pada 10 November Jupiter dapat dilihat mulai matahari terbenam hingga pukul 22.20, pada 15 November sejak matahari terbenam hingga pukul 22.03, pada 20 November sejak matahari terbenam hingga pukul 21.48, pada 25 November sejak matahari terbenam hingga pukul 21.32, dan pada 30 November dapat disaksikan mulai matahari terbenam hingga pukul 21.16.

Sementara itu, Saturnus dapat dilihat di arah barat-barat daya. Pada 10 November, Saturnus dapat dilihat mulai terbenam matahari hingga pukul 22.37, pada 15 November mulai terbenam matahari hingga pukul 22.19, pada 20 November mulai matahari terbenam hingga pukul 22.01, pada 25 November mulai matahari terbenam hingga pukul 21.22, dan pada 30 November mulai matahari terbenam hingga pukul 21.26 WIB.

Yuk, kenali lima planet yang ramah menyapa pada bulan ini dengan mengamati mereka di luar ruangan. Pastikan cuaca cerah, bebas dari polusi cahaya dan penghalang yang menghalangi medan pandang. (Aiw/H-1)

 

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:05 WIB
Muhadjir mengatakan, bukti sukses pelaksanaan mudik 2022 adalah angka kecelakaan telah menurun dibandingkan mudik tahun...
Freepik.com

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB
Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan...
Frepik.com

Inovasi Deteksi Dini Tingkatkan Cangkupan Skrining Kanker Serviks di Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:49 WIB
Meski termasuk jenis kanker yang mematikan, ternyata risikonya dapat dicegah dengan pemeriksaan secara terpersonalisasi sejak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya