Rabu 11 November 2020, 13:35 WIB

Data Penerima BLT Dana Desa akan Disinkronkan dengan DTKS

Atalya Puspa | Humaniora
Data Penerima BLT Dana Desa akan Disinkronkan dengan DTKS

Antara
Ilustrasi bantuan langsung tunai.

 

PERAN Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai acuan dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia sangat penting. Apalagi di masa pandemi covid-19, DTKS menjadi rujukan dalam penyaluran berbagai macam skema bantuan sosial.

Namun, adanya pandemi juga mengungkapkan bahwa DTKS masih perlu disempurnakan. Seperti dalam hal integrasi data antara penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dengan berbagai skema bantuan dari Kemensos.

Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Dody Usodo menjelaskan bahwa DTKS perlu dimutakhirkan dan disinergikan dengan berbagai data kesejahteraan sosial, termasuk dengan BLT-DD.

"DTKS perlu dimutakhirkan. Pembaharuan ini harus dilakukan secara kolektif dan simultan oleh Kementerian dan Lembaga khususnya yang di bawah koordinasi Kemenko PMK," jelas Dody dalam keterangan resmi, Rabu (11/11).

Menurut Dody, integrasi data DTKS dengan penerima BLT-DD dilakukan agar penerima BLT-DD di desa bisa mendapatkan skema bantuan sosial dari pemerintah. Selain itu, menurutnya, dengan adanya BLT-DD, Dana Desa yang seharusnya dipergunakan untuk pembangunan desa menjadi kurang efektif.  (H-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Ini Kelompok Masyarakat yang tak Bisa Diberi Vaksin Covid-19 Sinov

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 07:12 WIB
Beberapa kelompok yang tak bisa mendapatkan vaksin covid-19 sinovac yakni memiliki riwayat positif covid-19, wanita hamil dan menyusui,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemendikbud Turunkan Tim untuk Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat

👤Suryani Wandari 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:34 WIB
Kemendikbud mendata terdapat 10 sekolah di Kab Majene, 14 sekolah di Kab Mamuju dan 3 sekolah di Kab Mamasa yang rusak akibat...
Rudi Kurniawansyah

Hujan Ekstrem masih Mengancam

👤(Put/RK/OL/RK/VL/X-10) 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:05 WIB
BALAI Besar Teknologi Cuaca, Badan Pengkajian, dan Penerapan Teknologi memperkirakan terjadinya hujan ekstrem yang melanda beberapa wilayah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya