Selasa 10 November 2020, 22:53 WIB

Universitas Trilogi Wakili Indonesia di Forum Women Entrepreneur

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Universitas Trilogi Wakili Indonesia di Forum Women Entrepreneur

Dok. Pribadi
Forum women entrepreneur asia pacific yang diikuti Universitas Trilogi

 

ASIAN Productivity Organization (APO) kembali menggelar forum untuk negara-negara anggotanya. Acara yang semula akan digelar di India ini akhirnya dilaksanakan secara virtual pada 4 -6 November 2020. Dalam forum pertemuan internasional ini, Universitas Trilogi kembali terpilih sebagai perwakilan dari Indonesia.

"Pertemuan khusus bagi women entrepreneur terpilih ini membahas diantaranya tentang tantangan yang ada pada setiap bisnis yang dijalani. Juga membahas tentang proposisi nilai dan strategi distribusi yang sejalan dengan proposisi nilai itu,” kata Inanpi Hidayati Sumiasih, peserta yang terpilih mewakili Indonesia ini.

Inanpi yang juga Dekan Fakultas Bioindustri dan Ekonomi Bisnis Universitas Trilogi itu mengatakan, berbagai topik pembahasan utama dalam forum tersebut, yaitu strategi digital marketing, Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan dalam pertanian serta aspek terkait keamanan pangan.

“Selain berbagi tentang ilmu dan informasi baru tekait pengalaman wirausaha di bidang masing-masing. Kegiatan ini dapat meningkatkan power untuk kepercayaan diri, khususnya bagi kaum wanita agar terus terlibat dalam kegiatan kewirausahaan. Selain itu harus berani berkolaborasi dalam membangun jejaring yang produktif dan inovatif,” kata perempuan muda yang juga pendiri Agroeduwisata Attaqie Farm ini.

Hal senada diungkapkan Kepala Divisi APO Tadahasi Manabe yang membuka acara tersebut. Tadahisa mengemukakan pertemuan ini menitik-beratkan pada urgensi peran perempuan di suatu negara. Termasuk dalam aktivitas bisnis atau kewirausahaan berbasis digital.

Baca juga : KPAI: Jangan Paksakan Gelar KBM Tatap Muka

“Acara ini dikhususkan untuk women entrepreneur, karena peran perempuan sangat penting dalam perkembangan suatu negara. Sehingga women entrepreneur perwakilan negara yang bergabung pada acara ini nantinya diharapkan dapat mengenal bahkan menguasai pola digital agribusiness,” kata Kepala Divisi APO Jepang tersebut.

Acara yang mengambil tema besar ‘Digital Agribusiness for Women Entrepreneurs’ ini diikuti 16 peserta dengan delegasi tiap negara sebanyak hingga tiga orang. Selain Indonesia, negara lain yang hadir di antaranya Bangladesh, Kamboja, Republik Fiji, India, Iran, Pakistan, Filipina, Sri Lanka dan Vietnam.

Inanpi menambahkan momentum APO menjadi penting bagi Universitas Trilogi terutama dalam upaya meningkatkan daya aktivasi tiga pilar kampus ini yakni teknososiopreneur, kolaborasi dan kemandirian. Baik digunakan untuk mendukung aktivas mahasiswa, dosen, maupun kontribusi untuk bangsa.

Inanpi menambahkan 4 tahun yang lalu, Universitas Trilogi juga telah dikunjungi 18 delegasi APO. Kunjungan delegasi ini bertujuan dalam rangka mempelajari model tekno-sosio-preneur yang menjadi ciri khas Universitas Trilogi. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

KRL Yogyakarta-Solo Mulai Uji Coba, Tarif Dipatok Rp8 ribu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 00:13 WIB
Sama dengan tarif kereta api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks) yang selama ini sudah melayani koridor...
Dok. Shafwah Global Utama

Shafwah Holidays Gandeng Santri Kembangkan Wisata Halal

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:53 WIB
program yang dinamakan Ustadpreneur itu mengajak santri di seluruh Indonesia untuk mengembangkan paket wisata halal melalui...
ANTARA/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Waspada Hujan Ekstrem Hingga Februari 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Masyarakat juga diimbau berhati-hati dengan tidak mendekati area kejadian guna menghindari risiko yang lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya