Jumat 23 Oktober 2020, 02:30 WIB

Dewa Budjana Tidak Terhalang Pandemi

Atalya Puspa | Humaniora
Dewa Budjana Tidak Terhalang Pandemi

ANTARA
Gitaris Dewa Budjana

 

GITARIS Dewa Budjana, 57, merilis lagu terbaru berjudul Kmalasana dari album Naurora yang akan ia luncurkan tahun depan. Pandemi covid-19 tidak menghalangi proses berkarya gitaris band GIGI tersebut.

Single terbaru saya Kmalasana sudah bisa didengar di semua platform digital,” kata Budjana dalam unggahan akun Instragram-nya pada Rabu (21/10).

Budjana menambahkan, judul single tersebut diambil dari gabungan dua kata, yakni Kemala dan Asana yang diartikan sikap yang indah. Menurut Budjana, ia mencoba seperti yang biasa dilakukannya ketika menulis Dawai in Paradise, Zentuary, Mahandini. “Mencoba dengan paham ‘gotak gatik gatuk’,” ujar pria kelahiran Sumba Barat itu.

Peluncuran single tersebut bagi Budjana bukanlah sesuatu yang di luar rencana. Ia mengaku hampir setiap dua tahun ia merilis lagu baru. “Rencananya tahun ini memang mau rekaman. Biasanya awal tahun merilis sesuatu. Cuma beberapa bulan kemarin semua berhenti (karena pandemi) dan tidak menyangka. Tapi di sisi lain kita tidak boleh berhenti juga,” kata Budjana.

Kmalasana, kata Budjana, ialah hasil renungan saat pandemi melanda dunia. Kmalasana lahir dari cara Budjana menginterpretasi kondisi alam saat ini. “Walau lagu ini tanpa lirik, lahirnya di situasi seperti sekarang ini yang serbasusah, tidak bisa ke mana-mana. Karya  instrumental itu kan multitafsir. Ini cara saya, semoga membawa pendengar ke tempat  yang tenang,” ucapnya.

Ia mengharapkan lagu tersebut bisa menjadi penenang jiwa para penggemarnya.

Untuk menggarap single ini, Budjana menggandeng drumer Simon Phillips, mantan personel band Toto, serta basis pemenang penghargaan Grammy, Carlitos Del Puerto, yang berasal dari Kuba.


Politik

Budjana memulai karier sejak 1980. Karier bermusiknya masih berkibar sampai saat ini. Ia masih produktif merilis karya bersama GIGI dan aktif menggarap proyek solo, termasuk sejumlah kolaborasi bersama musisi lain. Budjana mengaku bersyukur bisa memiliki karier panjang di dunia musik.

Karier panjang Budjana membuat popularitasnya tak bisa disangkal lagi. Tawaran dari dunia politik pun pernah datang kepada musikus asal Bali ini. Namun, Budjana menolak semua itu karena masih ingin terus bermusik.

“Saya pernah dipaksa-paksa untuk jadi bupati, jadi anggota DPR. Saya merasa beruntung menolak semua itu. Karena, bagi saya, untuk apa banyak uang, tapi saya tidak bisa punya album. Saya lebih bahagia punya temanteman musisi karena kalau sudah masuk ke pemerintahan tidak bisa jadi seniman. Pikirannya sudah beda,” jelasnya.

Budjana bertekad untuk terus bermusik selama mungkin. “Selama bisa berbuat, selama masih dibutuhkan, akan terus berkarya. Tidak ada manggung, tapi berkarya harus terus,” ucapnya. (Medcom.id/H-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Dok PT Bio Farma

Bio Farma akan Bahas Fatwa Halal Vaksin Covid-19 dengan MUI

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 01 Desember 2020, 00:30 WIB
Sinovac telah berkomitmen untuk pengiriman bahan baku vaksin covid-19 secara bertahap sebanyak 50 juta dosis pada November 2020 hingga...
MI/Rommy Pujianto

Menristek ; Era 4.0 Kampus Penting Dorong Ekosistem Wirausaha

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 November 2020, 22:52 WIB
"Hal ini penting karena di era otomasi dan digitalisasi ini, dibutuhkan talenta-talenta yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan...
Dok. Kimia Farma

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma-BWA Luncurkan Klinik Apung

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 November 2020, 22:48 WIB
Klinik Apung dirancang sebagai salah satu misi kemanusiaan Kimia Farma guna menyehatkan masyarakat Indonesia, khususnya di masa pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya