Senin 19 Oktober 2020, 12:00 WIB

Yang Lain Kehujanan, Empat Daerah Ini malah Kekeringan

Zubaedah Hanum | Humaniora
Yang Lain Kehujanan, Empat Daerah Ini malah Kekeringan

Antara
Sejumlah warga membawa jeriken kosong untuk mengisi air bersih saat pembagian air bersih oleh pihak kepolisian di Kecamatan Alak, NTT.

 

KETIKA yang lain kehujanan, empat wilayah di Indonesia malah diminta bersiaga menghadapi ancaman kekeringan meteorologis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Keempatnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku.

Surat edaran peringatan dini dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya tersebut sudah disampaikan BNPB kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di empat wilayah tersebut, pada 15 Oktober 2020.  

"Kekeringan meteorologi merupakan kekeringan yang disebabkan karena tingkat curah hujan suatu daerah di bawah normal. Dari hasil pemutakhiran data hingga 10 Oktober 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, sebagian wilayah Indonesia akan mengalami kekeringan meteorologis dengan status waspada hingga awas," sebut Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam laman resmi BNPB, Senin (19/10). (H-2)

Baca Juga

Dok BNPB

Satgas: Punya Dokumen Swab Negatif Belum Tentu Bebas Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 20 April 2021, 22:54 WIB
Kita sudah buktikan, mereka yang berada di dalam perjalanan itu punya risiko yang sangat tinggi,” kata...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Alasan Jokowi melebur Kemenristek masuk Kemendikbud

👤Marshalina Gita 🕔Selasa 20 April 2021, 22:02 WIB
“Strategi besarnya adalah membangun pondasinya dulu, mulai dari infrastruktur, setelah itu SDM, lalu masuk ke riset, inovasi dan...
MI/Dwi Apriani.

Disiplin Melaksanakan Protokol Kesehatan Harus Diperkuat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 20 April 2021, 21:30 WIB
Peristiwa ledakan kasus positif covid-19 di India seharusnya menjadi pelajaran kita semua bahwa disiplin melaksanakan prokes menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Beribadah dengan Disiplin

RAMADAN tahun ini masih sama seperti tahun lalu, yakni warga masih harus menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya