Senin 19 Oktober 2020, 12:00 WIB

Yang Lain Kehujanan, Empat Daerah Ini malah Kekeringan

Zubaedah Hanum | Humaniora
Yang Lain Kehujanan, Empat Daerah Ini malah Kekeringan

Antara
Sejumlah warga membawa jeriken kosong untuk mengisi air bersih saat pembagian air bersih oleh pihak kepolisian di Kecamatan Alak, NTT.

 

KETIKA yang lain kehujanan, empat wilayah di Indonesia malah diminta bersiaga menghadapi ancaman kekeringan meteorologis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Keempatnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku.

Surat edaran peringatan dini dan kesiapsiagaan menghadapi bahaya tersebut sudah disampaikan BNPB kepada Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di empat wilayah tersebut, pada 15 Oktober 2020.  

"Kekeringan meteorologi merupakan kekeringan yang disebabkan karena tingkat curah hujan suatu daerah di bawah normal. Dari hasil pemutakhiran data hingga 10 Oktober 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, sebagian wilayah Indonesia akan mengalami kekeringan meteorologis dengan status waspada hingga awas," sebut Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam laman resmi BNPB, Senin (19/10). (H-2)

Baca Juga

MI/PERMANA

Arah Pendidikan Indonesia Bangun Karakter di Tengah Perubahan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 12:53 WIB
Semua orang dipaksa untuk beradaptasi pada dunia digital sehingga sektor pendidikan pun harus juga mengikuti perubahan...
Ist

Dorong Promosi Wisata Indonesia, KJRI San Francisco Ikut Pameran Pariwisata Terbesar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 12:52 WIB
Saat ini turis dari 19 negara yang telah divaksinasi lengkap dan menunjukan hasil tes negatif covid-19 dapat memasuki wilayah...
Handout / Merck & Co,Inc. / AFP

Obat Molnupiravir Selesai Uji Klinis, Siap Digunakan di Indonesia

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 12:40 WIB
Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr.Erlina Burhan mengungkapkan bahwa uji klinis tahap 3 pada molnupiravir telah rampung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya