Jumat 02 Oktober 2020, 18:15 WIB

Mahasiswa Berinovasi Bersama Ciptakan Perubahan untuk Negeri

mediaindonesia.com | Humaniora
Mahasiswa Berinovasi Bersama Ciptakan Perubahan untuk Negeri

Dok istimewa

 

Anak muda Indonesia adalah potensi yang besar bagi keberlangsungan bangsa ini. Dari data 2019 oleh World Economic Forum, 36% anak muda dan 88% Gen Z di Indonesia ingin menjadi entrepreneur dan menjadi persentase tertinggi di Asia Tenggara. Sebanyak 34% anak muda Indonesia juga sudah memulai usahanya sendiri. Namun rasio entrepreneur Indonesia yang sebesar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang, masih di bawah negara tetangga, seperti Singapura yang saat ini sudah mencapai angka 7%, dan Malaysia yang berada di level 5%. Padahal untuk menjadi negara maju dibutuhkan lebih dari 14% jumlah pelaku entrepreneur dari  total populasi penduduknya.

KUMPUL sebagai wadah pembangun ekosistem entrepreneur di Indonesia melihat diperlukannya sebuah program pemberdayaan dan bimbingan berkualitas bagi para potensi muda yang punya semangat merealisasikan ide mereka untuk mengisi celah kewirausahaan di Indonesia, dan menciptakan entrepreneur baru.

Karenanya KUMPUL ingin mendukung semangat anak muda untuk menyalurkan semangat kewirausahaan mereka menjadi hasil nyata dan berkualitas melalui program yang bernama, Startup Weekend Indonesia Next Gen. Yaitu sebuah program yang menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia.

Startup Weekend Indonesia Next Gen yang merupakan program KUMPUL bersama mitra Techstars membuat program akan berlangsung selama 54 jam untuk membangun startup pada enam fokus sektor. Yaitu kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan.

Startup Weekend Indonesia sendiri yang merupakan program giving-back dari akselerator asal US, Techstars sejak 2007, menjadi Biggest entry point bagi entrlokalepreneurs untuk membangun startup. Startup weekend telah diorganisir oleh komunitas dan hampir 70 ribu peserta di 120 negara di seluruh dunia setiap tahun. 

Di Indonesia, KUMPUL bersama Tehcstarts sudah lebih dari 50 kali melakukan program ini bersama lebih dari 100 komunitas di seluruh Indonesia. Dukungan untuk Startup Weekend Indonesia merupakan salah satu cara terbaik untuk mendukung komunitas lokal dan terhubung dengan early stage businesses.
 
Kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen akan diawali Orientation Day. Yang dibuka dengan Opening Speech & Keynote oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Makarim serta Menteri Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bapak Bambang Brodjonegoro. Serta akan dilakukan Panel Discussion dalam Orientation Day tersebut.

Startup Weekend Indonesia Next Gen dapat diikuti oleh ribuan orang yang berusia
18 - 25 tahun. Dan diadakan oleh lebih dari 30 universitas dan lebih dari 30 acara individu selama bulan September-Oktober 2020. Selama 54 jam mereka membentuk dan mewujudkan ide Startup yang didampingi oleh mentor-mentor terbaik di Indonesia. 

Hari pertama akan berbentuk pembentukan tim dan ide dari peserta. Hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring dan pembentukan startup. Serta hari ketiga akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri. 

Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day. Serta 3 Startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan. (RO/OL-10)

Baca Juga

ANTARA

KRL Yogyakarta-Solo Mulai Uji Coba, Tarif Dipatok Rp8 ribu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 00:13 WIB
Sama dengan tarif kereta api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks) yang selama ini sudah melayani koridor...
Dok. Shafwah Global Utama

Shafwah Holidays Gandeng Santri Kembangkan Wisata Halal

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:53 WIB
program yang dinamakan Ustadpreneur itu mengajak santri di seluruh Indonesia untuk mengembangkan paket wisata halal melalui...
ANTARA/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Waspada Hujan Ekstrem Hingga Februari 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Masyarakat juga diimbau berhati-hati dengan tidak mendekati area kejadian guna menghindari risiko yang lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya