Rabu 16 September 2020, 05:55 WIB

Baksos Teledentistry Universitas Airlangga

Media Indonesia | Humaniora
Baksos Teledentistry Universitas Airlangga

Dok. unair.ac.id
Konsultasi daring melalui WhatsApp group.

 

TANGGAL 12 September diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) dan Ikatan Alumni (IKA) menggelar bakti sosial akbar Teledentistry lewat media sosial Whatsapp, Instagram, Skype, Zoom, hingga Youtube.

M Canino Cahya, ketua pelaksana kegiatan, mengatakan Teledentistry dilaksanakan dalam rangka dentistry charity yang ke-11 tahun. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan secara luring di salah satu kota. Namun, mengingat situasi pandemi maka digelar secara daring. "Spesialnya, tahun ini berlangsung di 11 provinsi sekaligus, yang merupakan persebaran domisili panitia dentistry charity," ungkap Nino seperti dikutip dari laman Unair.

Selama baksos daring itu, mereka memberi konsultasi gratis dan panduan penanganan sementara kepada pasien. Apabila keadaan sudah parah, pasien disarankan segera berobat ke puskesmas setempat. "Karena pandemi, kami menekankan pada edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut," jelasnya.

Saat ini, kesehatan gigi dan mulut masih menjadi problematika serius karena minimnya edukasi dan pengetahuan masyarakat. Berdasar hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, proporsi terbesar (45,3%) permasalahan gigi di Indonesia ialah gigi rusak, berlubang, dan sakit. (RO/H-2)

Baca Juga

MI/Dok IHH

Mengenal Gubal, Kuliner Khas Suku Laut

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:15 WIB
Gubal adalah makanan khas Lingga yang berbahan baku sagu. Dibuat dari campuran kelapa muda yang telah...
Dok. Pribadi

Mengembangkan Wastra Papua dengan Teknik Guta Tamarin

👤Dr Nuning Yanti Damayanti Staf Pengajar, Prodi Seni Rupa, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:00 WIB
PADA April lalu, tim dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (FSRD-ITB), melakukan kegiatan pengabdian kepada...
Youtube/MediaIndonesia

Dampak Pandemi bagi Penyair Joko Pinurbo dan Inggit Putria Marga

👤Kevino Dwi Velrahga 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 00:14 WIB
Ketika pandemi Covid-19  hadir dan merubah segala aktivitas manusia, puisi turut mengalami perkembangan serta dapat pula menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya