Selasa 15 September 2020, 14:02 WIB

Erick Jamin Vaksin Covid-19 Halal untuk Masyarakat

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Erick Jamin Vaksin Covid-19 Halal untuk Masyarakat

AFP/Douglas Magno
Ilustrasi: Peneliti sedang melakukan riset vaksin untuk covid-19

 

MENTERI BUMN, Erick Thohir, menjamin vaksin Covid-19 yang bakal diproduksi ke masyarakat tersertifikasi halal. Seperti diketahui, vaksin yang dipilih dari Tiongkok, Sinovac tengah diuji klinis tahap tiga.

Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu juga menegaskan, pihaknya telah mengirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kehalalan vaksin tersebut.

Baca juga: BPS: Ekspor Agustus 2020 Alami Penurunan

"Kita pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar. Kita kirim juga ke BPOM dan ke China pada Oktober ini bersama MUI," ungkap Erick dalam webinar Kementrian Perhubungan 'Transportasi Sehat, Indonesia Maju', Jakarta, Selasa (15/9).

Erick juga sudah melaporkan soal vaksin halal tersebut ke Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada Jumat (11/9) lalu. Dalam laporannya Erick menuturkan, Indonesia akan mendapat 30 juta dosis vaksin Covid-19 pada akhir 2020 dan 300 juta dosis untuk 2021.

"Kemarin saya audah datang kepada Pak Wakil Presiden (Ma'aruf Amin), bahwa proses ini kita dukung dan kita jaga kehalalan vaksin," jelas Erick.

Vaksin yang didatangkan pemerintah itu merupakan hasil kerja sama beberapa BUMN farmasi dengan lembaga dan instansi farmasi mancanegara seperti PT Bio Farma (Persero) dengan Sinovac Biotech yang berasal dari Tiongkok. Sinovac berkomitmen menyediakan 20 juta dosis vaksin pada akhir tahun ini apabila proses uji klinis tahap 3 berjalan lancar.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Dukung Upaya Pemerintah Cegah Penularan Covid-19

Selain Tiongkok, vaksin dari Uni Emirat Arab (UAE) bernama G42 juga dipilih Indonesia. Lalu, untuk menambah ketersediaan vaksin, pemerintah juga bakal memproduksi Vaksin Merah Putih. Diperkirakan ada 280 juta sampai 310 juta pada 2021 stok vaksin Meraj Putih.

"Adanya stok vaksin bisa membuat tingkat kesembuhan meningkat dan tingkat kematian menurun," pungkas Erick. (OL-6)

Baca Juga

HO

Ukrida Perkuat Kerja Sama Dengan Ikatan Akuntan Indonesia

👤Widhoroso 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:33 WIB
KEMITRAAN strategis dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang terjalin selama ini menjadi panduan Ukrida dalam pengembangan Program...
ANTARA

Menkes Diminta Presiden Bahas Akhir Pandemi dengan WHO

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 18:13 WIB
Keputusan untuk mencabut kewajiban memakai masker harus menunggu arahan dari Kepala Negara yang didasarkan pada data dan fakta di lapangan,...
Ist

Prevalensi Narkoba di Lingkungan Perguruan Tinggi Capai 3,2%

👤Faustinus Nua 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:21 WIB
Dari jumlah mahasiswa yang terpapar narkoba tersebut, tercatat sebanyak 13% mengalami...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya