Senin 31 Agustus 2020, 00:55 WIB

Menag Prihatin Banyaknya Perceraian

MI | Humaniora
Menag Prihatin Banyaknya Perceraian

MI/Ramdani
Petugas mediasi Kadi (78) memberikan penyuluhan di ruang mediasi yang merupakan bagian dari proses perceraian

 

ANTREAN masyarakat yang mendaftar gugatan perceraian di Pengadilan Agama dan viral di media sosial menjadi perhatian Kementerian Agama. 

Menteri Agama Fachrul Razi mengaku prihatin dan akan terus meningkatkan kualitas program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) dan Pusaka Sakinah.

“Perceraian tentu merupakan hal yang memprihatinkan. Dampak buruk yang paling ditakuti adalah ketelantaran anak-anak. Kami terus berupaya menekan terjadinya perceraian, salah satunya dengan program Bimbingan Perkawinan dan Pusaka Sakinah,” terang Menag dalam keterangan resmi di Jakarta.

Menurutnya, Program Bimwin selama ini diikuti oleh lima sampai 10 pasangan calon pengantin (catin) dalam setiap angkatan. Bimbingan ini berlangsung selama dua hari. Materi yang disampaikan terkait membangun keluarga sakinah, psikologi dan dinamika keluarga, mengelola kebutuhan dan keuangan keluarga, kesehatan reproduksi, serta membangun generasi berkualitas.

“Program ini diampu fasilitator yang sudah terbimtek dari unsur Kemenag, Kemenkes, dan BKKBN. Calon pengantin memperoleh pemeriksaan kesehatan di puskesmas sebelum hari H, termasuk memperoleh sertifikat bimwin catin setelah mengikuti seluruh sesi,” jelas Menag. 

Program Bimwin, lanjut Menag, baru mampu menargetkan 7%-10% catin dari sekitar 2 juta peristiwa nikah per tahun. Terkait dampak pandemi terhadap kehidupan keluarga, Menag berpesan bahwa kesulitan ekonomi merupakan cobaan bagi banyak orang dan seyogianya dihadapi secara bersama, suami dan istri. (Ifa/H-1)

Baca Juga

AFP/JUSTIN TALLIS

Penyelenggaraan Piala Eropa Jadi Contoh Konkret 'Herd Immunity'

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:30 WIB
KOMPETISI Piala Eropa atau Euro 2020 yang dilaksanakan tahun ini menjadi contoh konkret bentuk kekebalan komunitas atau 'herd...
Antara

311 Perawat Meninggal Akibat Covid-19, PPNI: Tertinggi di Jatim

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 12:50 WIB
Sebanyak 311 perawat meninggal dunia akibat Covid-19. Data tersebut dikumpulkan PPNI sejak November 2020-18 Juni...
Ist/KLHK

KLHK Bentuk Satlakwasdal, Kawal Implementasi UU Cipta Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:41 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan penerbitan UU Cipta Kerja ini dalam rangka mendorong perluasan kesempatan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya