Jumat 28 Agustus 2020, 12:20 WIB

Menag: e-Istiqlal Awali Modernisasi Pengelolaan Masjid Indonesia

Ihfa Firdausya | Humaniora
Menag: e-Istiqlal Awali Modernisasi Pengelolaan Masjid Indonesia

Antara
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menunjukkan aplikasi E-Istiqlal.

 

PELUNCURAN e-Istiqlal yang digelar Badan Pengelola Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis, 27 Agustus 2020, menjadi penanda dimulainya modernisasi pengelolaan masjid di Indonesia. Menteri Agama Fachrul Razi mengutarakan itu dalam keterangan resminya.

"Launching aplikasi e-istiqlal hari ini adalah penanda dimulainya modernisasi pengelolaan masjid di Indonesia. Ini adalah langkah besar untuk mendorong peran yang lebih luas dari masjid-masjid kita," kata Menag.

Selama ini, masjid telah menjadi mitra strategis pemerintah dalam membangun dan merawat Indonesia. Masjid Istiqlal, kata Menag, adalah salah satu institusi yang sedang dikembangkan perannya agar memiliki peran yang lebih luas dalam pembangunan.

Aplikasi berbasis komunitas yang diberi nama e-istiqlal ini memiliki fitur serta konten yang ditujukan untuk mendukung berbagai aktivitas para pengguna secara online. Baik bagi mereka yang merupakan jemaah Masjid Istiqlal, maupun masyarakat secara luas.

Menag berharap modernisasi pengelolaan Masjid Istiqlal ini dapat menginspirasi masjid-masjid lainnya di Indonesia untuk melakukan hal serupa. "Inilah bagian penting dari modernisasi yang positif. Kementerian Agama sangat mendorong ide besar dari badan pengelola masjid istiqlal ini untuk menjadikan masjid ini sebagai kiblat peradaban islam dunia," lanjutnya.

Menag juga berharap, modernisasi Istiqlal dapat semakin memperkokoh kerukunan yang telah dibangun sejak lama.  "Kepada Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Saya ucapkan selamat atas launching aplikasi e-Istiqlal ini. Jangan berhenti berkarya dan berinovasi demi kemajuan umat dan negara kita tercinta," tutup Menag.

Turut hadir dalam peluncuran aplikasi e-Istiqlal, Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Chairman of CT Group  Chairul Tanjung, Komisaris Utama Bank Mega Syariah M.Nuh, Direktur Utama Bank Mega Syariah Yuwono Waluyo, dan Direktur PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU) Nabilah Alsagof. (H-2)

Baca Juga

Foto KBRI Tokyo

Dubes RI Heri Siap Dukung Promosi Kesenian Indonesia di Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:38 WIB
KBRI Tokyo berkomitmen untuk mendukung upaya positif dari seluruh seniman Indonesia dalam mempromosikan kesenian Indonesia kepada...
Isitimewa

Macetnya Pembayaran Insentif Nakes karena Kurang Koordinasi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 19:00 WIB
BELUM dibayarkannya insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) menjadi salah satu penyebab rendahnya serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja...
Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Wiku Adisasmito Positif Covid-19, Serukan Disiplin Protokol Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 18:49 WIB
Wiku menegaskan saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik-baik saja dan hal yang terpenting optimistis nanti dapat segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya