Senin 24 Agustus 2020, 12:55 WIB

Shopee Gandeng BenihBaik dan GSI Lab, Bagikan Tes PCR Gratis

Dwi Tupani | Humaniora
Shopee Gandeng BenihBaik dan GSI Lab, Bagikan Tes PCR Gratis

MI/ADAM DWI
Petugas medis melakukan tes usap (swab test) kepada wartawan di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu (12/8).

 

SHOPEE, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, bekerja sama dengan BenihBaik dan GSI Lab dalam program #SwabandSaveIndonesia, untuk memberikan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Seperti yang kita ketahui, Presiden Indonesia Joko Widodo sebelumnya telah meningkatkan target tes PCR di Indonesia menjadi sebanyak 30.000 spesimen per hari. Namun harga tes PCR yang tergolong mahal menjadi kendala di lapangan dan tidak semua lapisan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan ini. 

Hal ini menjadi landasan semakin banyaknya pihak yang menyalurkan bantuan dan jumlah laboratorium baru didirikan guna mewadahi target ini tercapai agar pemutusan rantai covid-19 di Indonesia dapat terwujud semakin cepat.

Public Relations Lead Shopee Indonesia, Aditya Maulana Noverdi, mengatakan, sejak awal pandemi covid-19, Shopee selalu berkomitmen untuk memberikan dampak sosial bagi masyarakat Indonesia. Hal itu baik dari sisi internal perusahaan maupun sisi eksternal yang terlibat pada banyak inisiatif dan kolaborasi dengan mitra. 

"Kami sangat mengapresiasi adanya program #SwabandSaveIndonesia bersama BenihBaik dan GSI Lab ini, dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia yang sebelumnya belum dapat mengakses layanan kesehatan tes PCR selama pandemi COVID-19," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (24/8). 

Untuk itu dalam kesempatan kali ini, kata dia, Shopee mengajak pengguna untuk berdonasi melalui aplikasi Shopee, dan juga memberikan sejumlah dana untuk mendukung kesuksesan program ini.

Setiap masyarakat Indonesia memiliki peranan penting dalam menekan angka penyebaran covid-19. Di antaranya dengan menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin. 

Selain menjalankan protokol kesehatan, terdapat banyak upaya yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok juga, salah satunya dengan menyalurkan bantuan untuk sesama masyarakat yang terdampak. 

Baca juga: Indonesia Tempati Urutan ke-23 Dunia Sebaran Kasus Covid-19

Saat ini terdapat banyak lembaga yang dapat menjembatani bantuan sosial atau akses layanan kesehatan ini, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Benihbaik dan GSI Lab dalam program #SwabandSaveIndonesia ini.

CEO BenihBaik, Andy F. Noya, mengatakan, BenihBaik dan Shopee telah bekerja sama dalam mengumpulkan sejuta masker untuk Palang Merah Indonesia (PMI) di awal pandemi dan berbagi sembako selama bulan Ramadhan bagi masyarakat terdampak di Jabodetabek.

"Kini kami kembali menjalin kerja sama pada program #SwabandSaveIndonesia yang masih dalam ranah isu kemanusiaan bersama GSI Lab guna mendukung target Presiden dalam menekan angka penyebaran covid-19," tuturnya. 

"Kami sangat mengapresiasi donasi yang disalurkan oleh Shopee dan masyarakat melalui aplikasinya, kami percaya berapapun kontribusi donasi yang diberikan masyarakat akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan," tambah Andy F. Noya.

Adapun cara untuk berdonasi pada program #SwabandSaveIndonesia melalui aplikasi Shopee ialah pertama, buka aplikasi Shopee. Kedua, pilih button Pulsa, Tagihan, dan Hiburan pada halaman utama. Ketiga, pilih menu Donasi Swab Test. Keempat, masukkan nominal donasi di program #SwabandSaveIndonesia.

Kelima, atau mudahnya klik https://shopee.co.id/produk-digital/m/special-event melalui aplikasi Shopee di smartphone. Keenam, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode, termasuk  ShopeePay.

dr. Nino Susanto selaku Direktur Utama GSI Lab mengatakan, melalui program ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk dapat berdonasi, menyediakan tes PCR gratis bagi masyarakat yang membutuhkan. Setiap 2 tes PCR yang dananya berasal dari donasi yang terkumpul, GSI Lab akan mendonasikan 1 tes PCR tambahan. 

"Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19 untuk memastikan pengetesan PCR gratis dapat terdistribusi dengan baik," tutupnya. (RO/A-2)

Baca Juga

istimewa

Apa Sih Bedanya Osteoporosis dan Osteoarthritis?

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Minggu 29 November 2020, 09:20 WIB
NYERI pada sendi lutut dapat dialami setiap orang, tak hanya usia lanjut tetapi orang dewasa. Hal ini pun sering dikaitkan dengan...
ANTARA/Didik Suhartono

Kemenkes: Kesadaran Protokol Kesehatan perlu Ditingkatkan

👤Ferdian Ananda 🕔Minggu 29 November 2020, 09:15 WIB
Pendekatan individu dan pendekatan kesehatan harus seiring untuk menghadapi...
ANTARA/FB Anggoro

20 ribu Produk Didaftarkan Sertifikasi Halal

👤Indrastuti 🕔Minggu 29 November 2020, 08:00 WIB
Tercatat sedikitnya ada 10.517 pelaku usaha yang telah mengajukan permohonan sertifikasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya