Selasa 18 Agustus 2020, 14:40 WIB

HUT RI ke-75, Menko PMK: Merdeka Disiplin Menuju Indonesia Maju

Syarief Oebaidillah | Humaniora
HUT RI ke-75, Menko PMK: Merdeka Disiplin Menuju Indonesia Maju

Dok. Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendi saat mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 RI, Senin (17/8).

 

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdeaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 di tengah pandemi menjadi momentum untuk membangun budaya disiplin menuju Indonesia maju. Berawal dari disiplin protokol kesehatan hingga tumbuh menjadi budaya disiplin dalam beraktivitas sehari-hari.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-75 secara virtual di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (17/8).

Baca juga: Diluncurkan, Gerakan 1 Juta dari Pendidikan Tinggi Vokasi

"Saat kita memperingati 75 tahun Indonesia Merdeka, kita berada dalam kondisi diuji oleh Tuhan berupa wabah covid-19. Yang harus dilakukan segenap bangsa Indonesia terutama untuk mengambil hikmah dari covid-19 ini yaitu meningkatkan disiplin diri, disiplin nasional khususnya mematuhi protokol kesehatan," kata Muhadjir.

Ia meyakini, kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan selama pandemi dapat menjadi akar budaya dalam membangun kedisiplinan di setiap aspek kehidupan. Hal itulah yang akan menjadi modal utama menuju Indonesia maju.

Selain kedisiplinan, menurut Muhadjir, peringatan HUT RI ke-75 juga dapat menjadi momentum untuk meningkatkan solidaritas dan membangun rasa kepedulian berskala nasional. Utamanya dalam membangkitkan semangat gotong-royong mengatasi covid-19.

"Saya kira kalau kesolidaritasan nasional, rasa kesetiakawanan nasional, kepedulian nasional ini dilaksanakan betul-betul akan menjadi modal menuju Indonesia maju. Tidak mungkin kita bisa meraih kejayaan bangsa tanpa didukung oleh semangat gotong-royong," tegasnya.

Sementara itu, rasa solidaritas dan kesetiakawanan nasional juga terlihat dari pemakaian baju-baju adat khas daerah di seluruh nusantara saat upacara peringatan HUT RI ke-75.

Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT) didampingi Ibu Negara Iriana. Begitu pun Wakil Presiden Ma'ruf Ami, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga mengenakan pakaian adat saat mengikuti upacara dari Istana Negara Kepresidenan, Jakarta.

Tak beda jauh dengan pakaian adat yang dikenakan Presiden Jokowi, Menko PMK Muhadjir Effendy juga mengenakan pakaian adat dari NTT khususnya Pulau Rote lengkap dengan topi khas dan unik mirip topi sombrero mirip Meksiko yang disebut Ti’i Langga.(RO/H-3)

Baca Juga

MI.Permana

Presenter Metro TV Ade Mulya Raih Asian Television Awards  

👤Dhika Kusuma WInata 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:31 WIB
Ade Mulya memenangi penghargaan kategori Best Current Affair Presenter melalui program The...
Ilustrasi

Varian Baru Covid-19 Belum Terdeteksi di Indonesia

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:23 WIB
Sampai saat ini belum ada virus mutasi korona strain Inggris yang dinamai varian VOC202012/01 ini ditemukan di...
MI/Rommy Pujianto

Guru Rizieq Shihab, Habib Ali Assegaf Meninggal Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:35 WIB
Habib Ali Assegaf dengan gigih membimbing masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk tetap berpegang pada akidah ahlussunnah wal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya