Senin 27 Juli 2020, 12:05 WIB

Pentingnya Menjaga Kelestarian Biota Laut

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pentingnya Menjaga Kelestarian Biota Laut

Dok.Hero Group
Hero Group mendonasikan bahan pangan masih layak konsumsi bagi satwa-satwa di bawah naungan Jakarta Aquarium.

 

BENCANA yang terjadi dan punahnya sejumlah spesies karena sebelumnya kita lupa menjaga harmoni alam. Padahal menjaga keseimbangan alam itu sangat penting sebagai bentuk tanggung jawab kita untuk mewarisinya kepada anak-cucu kelak.

Berangkat dari situ  PT Hero Supermarket Tbk memantapkan komitmennya dalam mendukung pelestarian lingkungan dengan menghadirkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa kerja sama dengan Jakarta Aquarium melalui penyaluran donasi bahan pangan masih layak konsumsi bagi satwa-satwa di bawah naungan Jakarta Aquarium.

Baca juga: Ketua DPR Imbau Warga tidak Konsumsi Biota Laut Tercemar

Diungkapkan Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Diky Risbianto, pihaknya senantiasa mengedepankan semangat sustainability guna menjaga keberlangsungan bisnis. Kali ini hal itu diwujudkan dalam bentuk penerapan waste managementuntuk pengelolaan produk pangan.

Dalam penerapan CSR, mereka juga berpedoman pada ISO 26000 yang pendekatannya dilakukan secara holistik serta berdampak pada bisnis, lingkungan, dan masyarakat. “Melalui kegiatan ini Hero Group berharap dapat membantu meringankan beban operasional Jakarta Aquarium dalam pemenuhan kebutuhan pakan satwa sehingga konservasi satwa pun dapat terus terjaga,” jelas Diky.

Mengenai kualitas bahan pangan yang didonasikan melalui food business unit Hero Supermarket dan Giant, Diky memastikan bahwa faktor kualitas akan selalu menjadi perhatian. “Semua donasi produk pangan layak konsumsi yang didonasikan akan dipantau melalui tahapan quality control kami dan Jakarta Aquarium guna memastikan semua produk yang didonasikan masih layak konsumsi dan memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi satwa.”

Pada kesempatan yang sama Head of Social, Branding, and Communication Jakarta Aquarium, Fira Basuki menyambut baik bantuan Hero Group itu. "Donasi pakan satwa yang diberikan itu sangat bermanfaat bagi pelestarian dan kesejahteraan beragam satwa aquatic dan nonaquatic yang berada di Jakarta Aquarium, terutama di kondisi pandemi seperti ini," ujar Fira.

Jakarta Aquarium merupakan pusat konservasi satwa dalam ruang pertama di Indonesia yang menawarkan pengalaman rekreasi sekaligus edukasi untuk menemukan dunia bawah laut dan melihat makhluk akuatik lebih dekat. Kerja sama kedua pihak akan berjalan selama satu tahun dan tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang ataupun berkembang ke bentuk yang lebih luas.

Dimulainya kerjasama itu ditandai dengan pelaksanaan kegiatan Hero For Nature Fun Learning Tour yang dilaksanakan pada perayaan Hari Anak Nasional 2020 lalu. Menurut Diky, mereka sengaja mengambil momentum tersebut, karena di tangan anak-anaklah bangsa ini akan dipegang.

“Melalui program Hero For Nature Fun Learning Tour, kami berharap kegiatan ini bisa menginspirasi semua pihak untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap satwa dan lingkungan hidup, bahkan sejak dini,” jelas Diky.

Kegiatan itu merupakan agenda wisata sekaligus edukasi tentang biota laut di Jakarta Aquarium yang disajikan dalam bentuk virtual. Kegiatan tersebut akan berlangsung secara berkala selama satu bulan, yakni dari 23 Juli sampai dengan 23 Agustus dengan melibatkan lebih dari 500 anak dari 28 sekolah di seluruh Indonesia. “Hadirnya kegiatan fun learning tour diharapkan bisa membantu usaha pelestarian satwa namun juga untuk memperkenalkan pentingnya kehidupan biota laut sejak dini sehingga diharapkan bisa menumbuhkan rasa kepedulian anak-anak terhadap keberlangsungan hidup satwa, khususnya biota laut,” ujar Diky. (RO/A-1)

Baca Juga

Ist

Penanganan Akurat Dapat Minimalkan Kerusakan pada Jantung

👤Eni Kartinah 🕔Kamis 29 September 2022, 18:01 WIB
Penyakit jantung masih merupakan salah satu penyakit dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi di dunia dengan angka mencapai 18,6...
ANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kemendikbud-Ristek Tegaskan Data Guru PPPK Ada di Pemda

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 29 September 2022, 17:46 WIB
Honorer yang lulus ASN PPPK sejak awal pengumuman diserahkan atau dikirim melalui sistem. Hal itu menjamin transparansi dan akuntabilitas...
dok.korlantas

Maknai HUT Lantas 67, Korlantas Bagikan Ratusan Sembako ke Sopir Bus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 17:21 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali memaknai HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 dengan membagikan ratusan sembako, di Terminal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya