Rabu 22 Juli 2020, 08:31 WIB

Cegah Karhutla dengan Maksimalkan Teknologi

Andhika Prasetyo | Humaniora
Cegah Karhutla dengan Maksimalkan Teknologi

ANTARA/Syifa Yulinnas
Petugas gabungan dari BPBD Aceh Barat, BKSDA Aceh, TNI/Polri dan Dinas Kehutanan Aceh memadamkan kebakaran lahan gambut.

 

LANGKAH antisipatif sangat diperlukan dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Untuk meningkatkan efektifitas pemantauan kondisi sekitar perkebunan, Astra Agro menggunakan teknologi unmaned aerial vehicle (UAV) dalam menghadapi ancaman puncak musim kemarau tahun ini.

UAV atau pesawat tanpa awak yang dilengkapi kamera secara berkala akan diterbangkan untuk merekam video monitoring lapangan ke team tanggap darurat.

“Dengan kelengkapan alat dan teknologi ini, tim pencegahan dan penanganan karhutla bisa bergerak lebih cepat ke lokasi sesuai titik koordinat yang diinformasikan kamera drone,” ujar Senior Vice President of Communications and Public Affair PT Astra Agro Lestari Tofan Mahdi melalui keterangan resmi, Rabu (22/7).

Baca juga: TN Meru Betiri Berdayakan Masyarakat untuk Kelola Hutan

Peningkatan efektivitas pencegahan karthutla tersebut merupakan wujud komitmen Astra Agro sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menerapkan operasional perusahaan sesuai prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability).

Selain melengkapi tim tanggap darurat dengan penggunaan drone, anak usaha Grup Astra Agro juga menjalin komunikasi dan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Tentara Nasional Indonesia, serta Kepolisian setempat.

Upaya pencegahan karhutla juga dilakukan dengan dengan melibatkan masyarakat di sekitar perkebunan.

"Sosialisasi diperkuat dengan menyebarkan pesan berantai agar setiap bagian saling menjaga lingkungan dan bekerja sama supaya tidak terjadi peristiwa kebakaran sedikitpun. Demi menjamin ketersediaan air, perusahaan membangun embung, overflow dan kantong air yang akan sangat berguna sebagai sumber air pemadaman pada saat terjadi kebakaran," sambungnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...
Ist

Pengamat: Perlu Edukasi Masyarakat Guna Hadapi Narasi Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:35 WIB
Masyarakat juga harus dapat melek dan memilah informasi. Pasalnya, dewasa ini sudah menjadi tabiat yang melekat bahwa informasi sering...
Dok. Richnity Global Sejahtera

Jaga Tulang dan Sendi dengan Asupan Nutrisi dan Olahraga Teratur

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Ketika seseorang memasuki usia 30 tahun, massa tulang bisa berkurang secara perlahan dan rentan mengalami tulang keropos (osteoporosis)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya