Jumat 17 Juli 2020, 23:32 WIB

Peran Perempuan di Sektor Kelautan & Perikanan Perlu Ditingkatkan

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Peran Perempuan di Sektor Kelautan & Perikanan Perlu Ditingkatkan

MI/Susanto
Guru Besar IPB yang juga mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri

 

KOORDINATOR Penasehat Menteri kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri menegaskan, perempuan pnya peran penting dalam mendukung ekonomi keluarga dan Indonesia, terutama di sektor kelautan dan perikanan.

Hal itu dia refleksikan sendiri dari pengalaman pribadinya yang merupakan anak seorang nelayan.

"Jadi peran penting kaum perempuan saya rasakan dari ibu saya sendiri yang mendukung ekonomi keluarga membantu ayah saya yang nelayan,” jelas Guru Besar Fakultas Perikanan IPB University itu dalam webinar bertajuk Pemberdayaan Perempuan Sektor Kelautan dan Perikanan pada Masa Pandem, Jumat (17/7).

Menurutnya, dalam pemberdayaan perempuan di sektor kelautan dan perikanan, perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama, pentingnya perbaikan gizi dan kesehatan. Kedua, peningkatan kapasitas literasi kaum perempuan dengan peningkatan bidang pendidikan. Ketiga peningkatan kapasitas manajemen kelurga dan rumah tangga,

Keempat, peningkatan kapasitas kesadaran dan manajemen. Kelima, peningkatan kapasitas bisnis usaha di sektor kelautan dan dan perikanan.

Baca juga : Perempuan Punya Peran Penting dalam Ketahanan Pangan

Saat ini, kata Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, kaum perempuan di sektor kelautan dan perikanan masih banyak yang berada dalam kondisi miskin dan ikut mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia.

Karena itu mesti ditingkatkan lagi kondisi pendidikan, kesehatan dan ekonomi kaum perempuan. Catatan Rokhmin menunjukkan, hanya 7 persen kaum perempuan bekerja di sektor tersebut. sedangkan kaum pria masiih mendominasi.

Mengutip pernyataan Presiden Jokon Widodo ,ditengah pandemi covid 19 sektor kelautan dan perikanan diharapkan menjadi sektor penghela. Karena itu sektor ini mesti dilakukan pengelolaan secara cerdas guna menguatkan sektor lainnya,.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto mengatakan, kaum perempuan yang bergerak di sektor kelauatan dan perikanan di kawasan dipesisir dan pantai merupakan bagian penting warga negara Indoensia yang berkontribusi pula dalam membangun manusia Indonesia. (OL-7)

Baca Juga

Ist

Dari Hasil Penelitian, Ada Perbedaan Nilai Perorangan dan Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:18 WIB
Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Edie Toet Hendratno mengtaakan hal ini mengindikasikan adanya ketidakselarasan antara...
MI/ Abdillah M Marzuqi

BPJPH Pantau Ekosistem Industri Halal

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:00 WIB
BPJPH berupaya meningkatkan layanan jaminan produk halal dengan upaya proaktif, kreatif, dan...
DOK Sinar Mas Land.

BBQ 2021: Ratusan Anak Berlomba Membaca Al-Qur'an secara Virtual

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 18:35 WIB
Dalam penyelenggaraannya, Sinar Mas Land melalui YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa mengajak para peserta membaca Al-Qur'an...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya