Rabu 15 Juli 2020, 11:10 WIB

Tiga Kekuatan Super Dalam Jamur Cordyceps

Atalya Puspa | Humaniora
Tiga Kekuatan Super Dalam Jamur Cordyceps

Wikipedia
Jamur Cordyceps militaris.

 

DI tengah pandemi covid-19, menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang paling penting. Banyak hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya dengan memenuhi asupan gizi dan vitamin.

Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya Widodo mengungkapkan, sebanyak 10 ribu jenis virus berpotensi menyerang manusia. Untuk menghambat proses reduplikasi virus yang berpotensi menimbulkan penyakit dan kematian, kita harus mengonsumsi suplemen yang memiliki kandungan antivirus, antiinfl amasi (antiperadangan), dan imunomodulasi (pengatur sistem kekebalan tubuh).

"Jamur Cordyceps militaris merupakan salah satu bahan natural terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh karena mengandung cordycepin, adenosin, dan polisakarida," kata Widodo, dalam webinar yang digelar PT Kalbe Farma, beberapa waktu lalu.

Ketiga kandungan tersebut, imbuhnya, membuat jamur Cordyceps militaris berpotensi meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat perkembangan virus covid-19.

Karena kemampuannya itu, jamur Cordyceps militaris kini sudah tersedia dalam bentuk kemasan siap konsumsi yang diproduksi PT Kalbe Farma. Medical Manager Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, Helmin Agustina Silalahi, mengatakan produk ini bisa diberikan untuk mereka yang berusia di atas 12 tahun. (Ata/H-2)

Baca Juga

Antara/ Syifa Yulinas

Olah Sawit, LIPI Usulkan Pembangunan Kilang Green Fuel

👤Humaniora 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:55 WIB
Kebijakan dunia di bidang energi yang hanya megizinkan bahan bakar ramah lingkungan harus direspons cepat agar Indonesia tidak tertinggal...
ANTARA/ FEY SELLY

Mendikbud Sebut 34.200 Sekolah Sudah Gelar PTM

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:30 WIB
Pihak sekolah menghadapi pilihan sulit antara ketertinggala pembelajaran dan masalah keselamatan serta keselamata siswa di masa pademi...
Dok. Kemenparekraf

Sandiaga Ajak Singapura Bahas Potensi Travel Bubble

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 14:39 WIB
Travel bubble merupakan kesepakatan dengan negara lain untuk membuka akses masuk bagi wisatawan. Sehingga, timbul gelembung atau koridor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya