Rabu 08 Juli 2020, 14:17 WIB

Menaker: Masalah Ketenagakerjaan Saat Ini Adalah Pendidikan

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Menaker: Masalah Ketenagakerjaan Saat Ini Adalah Pendidikan

MI/Duta
Ilustrasi

 

TANTANGAN terbesar kondisi ketenagakerjaan saat ini adalah mayoritas penduduk 56% yang bekerja memiliki pendidikan rendah SMP kebawah. Sebelumnya, 57% karena pendidikan semakin baik maka turun menjadi 56%.

"Ini artinya ada peningkatan presentase penduduk yang bekerja muda 15-24 tahun dengan tingkat pendidikan SMA dan SMK. dari sisi regional provinsi tingkat dengan pengangguran tertinggi terjadi di Banten, Jawa Barat, dan Maluku," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah  saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (8/7).

Selain itu, Ida menyebutkan bahwa sebelum adanya wabah covid-19, data per Februari 2020 angkatan kerja di Indonesia sebanyak 137,1 juta orang yang terdiri penduduk yang bekerja sebanyak 131 juta orang dan pengangguran terbuka sebanyak 6,88 juta orang.

Baca juga : Urgen, Perbaharui MoU Pekerja Migran di Malaysia

Ida melanjutkan, sebelum adanya wabah covid kondisi ketenagakerjaan sedang mengalami tren yang positif. Karena pada 2020 angka pengangguran turun yang sebelumnya 7,50 juta menjadi 6,88 juta orang.

"Bila dilihat dari presentasenya sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja yakni sektor pertanian, perikanan, dan perhutanan yang diikuti dengan sektor perdagangan dan industri pengolahan. 61,7% tenaga kerja bekerja di 3 industri itu pertanian, perikanan, dan perhutanan," ujar Ida.

Setelah adanya wabah covid pekerja formal maupun informal yang terdampak mencapai 1,7 juta orang jumlah pekerja sektor formal yang dirumahkan dan PHK mencapai 1,3 juta orang yang pekerja informal terdampak covid mencapai lebih dari 318 ribu orang.

"Data tersebut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dipegang by name by address dari laporan dinas ketenagakerjaan dari seluruh provinsi," pungkasnya.(OL-2)

 

Baca Juga

firstincare.com

Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:00 WIB
Untuk menjaga kondisi sehat ini mereka memerlukan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan rutin...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Cerita Bambang Brodjonegoro jadi Menristek Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:50 WIB
Bambang Brodjonegoro menceritakan sempat mengusulkan agar kementeriannya kembali menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi...
MI/Dok Kemenag RI

Arab Saudi Belum Beri Sinyal Soal Haji, Kemenag Tetap Persiapan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:10 WIB
Plt Dirjen PHU Khoirizi H Dasir menyampaikan sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat informasi dari Arab Saudi terkait...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya