Senin 06 Juli 2020, 21:34 WIB

Sapi Bali Bisa Jadi Pilihan Sehat untuk Hewan Kurban

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Sapi Bali Bisa Jadi Pilihan Sehat untuk Hewan Kurban

Dok. Sapi Bali Perkasa
Sapi Bali

 

UMAT Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha pada akhir bulan ini. Hari raya itu selain dikenal dengan Lebaran Haji, juga dikenal dengan Hari Raya Kurban karena dilakukannya pemotongan hewan kurban usai Salat Ied.

Menjelang Hari Raya kurban, sejumlah penjual hewan kurban pun mulau bermunculan di sejumlah daerah, termasuk kawasan Jabodetabek. Salah satunya Sapi Bali Perkasa (SBP) yang merupakan distributor langsung menjual sapi asal Bali.

Salah satu pemilik SBP, Denny mengatakan, sapi Bali sebagai hewan kurban punya banyak kelebihan, yaitu memiliki tulang kecil dengan daging yang lebih banyak, namun kandungan lemak dalam dagingnya lebih sedikit.

"Tekstur daging juga lebih padat. Kalau sapi lainnya tulangnya lebih besar, lemak banyak. Jadi kandungan daging Sapi Bali lebih banyak jika dibandingkan dengan sapi lainnya," katanya dalam keterangan tertulis.

Dalam proses penggemukan sapi, Denny memastikan pihaknya juga melakukannya secara alami dengan menggunakan pakar rumput.

Baca juga : Populasi Sapi Indukan Bantuan Kementan Naik di Mayoritas Provinsi

Selama di kandang, sapi-sapi yang dijual oleh Sapi Bali Perkasa juga mendapatkan perawatan khusus, seperti dimandikan setiap hari atau tergantung tingkat kekotoran dari masing-masing sapi tersebut. Untuk membuat sapi nyaman dan tidak stres, kandang juga dilakukan pembersihan secara berkala.

“Perawatannya, kita kasih makan tiga kali sehari, minum juga. Setiap pagi kita juga bersihkan kandangnya agar sapi itu nyaman dan tidak stres. Selain membuat nyaman sapinya, konsumen yang datang ke sini juga merasa nyaman kalau sapi maupun kandangnya terlihat bersih," sambung Denny yang menjalankan usaha Sapi Bali Perkasa dengan sang kakak Aulia Akbar.

Untuk menjamin kesehatan Sapi Bali yang dijual, Sapi Bali Perkasa juga sudah bekerjasama dengan pihak dinas kesehatan setempat. Setiap sapi yang dijual juga sudah mendapat sertifikat.

"Harga paling murah Rp12 juta dengan bobot di bawah 200 kg. Untuk lengkapnya bisa buka website kita di sapibaliperkasa.com," pungkasnya.

Sementara itu, lokasi penjualan Sapi Bali Perkasa juga bisa ditemui di lima lokasi berbeda. Antara lain di Kampung Dukuh (Jalan Dukuh V atau lapangan 263), Kodau (Jalan Raya Kodau Jati Rahayu Bekasi), Pondok Gede (Komplek Hankam Jatimakmur), Jonggol (Jalan Irigasi Kampung Bengkok RT 2 RW 9 Jonggol - Kab. Bogor), dan Kampung Tengah (Jalan Inpres). (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Dukung Energi Baru Terbarukan, Gerai KFC Manfaatkan PLTS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:53 WIB
KFC Indonesia merupakan restoran cepat saji pertama di kawasan Greater Asia yang memanfaatkan PLTS dalam memenuhi kebutuhan tenaga...
MI/Bary Fathahilah.

Buah-buahan yang Mengandung Vitamin C

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:35 WIB
Tubuh harus menerima vitamin C dari luar, yaitu dengan mengonsumsi buah-buah yang mengandung vitamin...
ANTARA/ANIS EFIZUDIN

Kemendikbud Ristek Gelar Ruwatan Bumi dan Orchestra dalam Rangkaian G20

👤Syeha Alhaddar 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:21 WIB
“Meruwat itu sebetulnya semacam ritual doa yang mengharapkan agar melalui kegiatan yang dilakukan, bumi dapat sehat kembali,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya