Kamis 28 Mei 2020, 12:50 WIB

Presiden: Identifikasi Destinasi Wisata yang Sudah Aman Covid-19

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden: Identifikasi Destinasi Wisata yang Sudah Aman Covid-19

ANTARA/FIKRI YUSUF
Petugas melakukan simulasi pengisian form aplikasi secara daring di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu.

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio untuk mengidentifikasi daerah-daerah mana saja yang sudah mengalami penurunan angka penularan covid-19.

Setelah identifikasi dilakukan, diharapkan destinasi-destinasi wisata di kawasan tersebut secara perlahan bisa kembali dibuka.

"Saya minta diidentifikasi daerah-daerah wisata yang memiliki angka reproduksi virus korona di bawah satu," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Kamis (28/5).

Sambil melakukan identifikasi, Wishnutama juga diminta untuk menyiapkan program-program pariwisata yang aman dari ancaman covid-19.

Baca juga: Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

Pandemi, lanjut Jokowi, akan mengubah tren pariwisata di dunia. Isu kesehatan, kebersihan, keamanan serta keamanan akan jadi pertimbangan utama bagi para wisatawan. Selain itu, pilihan juga akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak banyak orang, seperti solo travel tour, termasuk di dalamnya virtual tourism serta staycation.

"Saya minta Menpar menyiapkan program pariwisata di dalam negeri yang aman covid-19. Gencarkan juga promosi produk-produk lokal dan atraksi pariwisata yang ada," tutur presiden.

Target yang dituju pun, untuk tahap awal, cukup difokuskan pada wisatawan domestik.

Kendati demikian, Jokowi menegaskan bahwa kebijakan membuka kembali industri pariwisata tidak boleh dilakukan tergesa-gesa.

"Tahapan-tahapan yang tadi saya sampaikan dilakukan dulu. Sebelum kita buka, tolong protokol kesehatan di lapangan dijaga dengan ketat. Kita ingi wisatawan baik domestik maupun luar negeri nanti bisa berwisata dengan aman dan masyarakat bisa kembali produktif," tandasnya. (A-2)

Baca Juga

Rommy Pujianto

Peran TNI AL di Tapal Batas Pulau Miangas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:00 WIB
TNI AL melaksanakan tiga fungsi. Antara lain fungsi penangkalan, penindakan, dan pemulihan terhadap segala ancaman yang mungkin terjadi di...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:25 WIB
Potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di Banten, Jawa Barat, NTB, Bali hingga...
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

AS Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

👤ATIKAH ISHMAH WINAHYU 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:15 WIB
PERUSAHAAN-PERUSAHAAN di Amerika Serikat (AS) mulai mempersiapkan upaya logistik besar-besaran guna membantu distribusi vaksin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya