Minggu 03 Mei 2020, 14:30 WIB

Rimpang Jahe Merah Alternatif Cegah Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Rimpang Jahe Merah Alternatif Cegah Covid-19

Antara
Petani yang membudidayakan tanaman jahe merah memperlihatkan hasil panennya. Permintaan jahe merah naik saat Covid-19.

 

KEKAYAAN sumber daya alam Indonesia yang sangat beragam sudah lama tersohor. Salah satunya rempah-rempah, seperti jahe merah. Minuman jahe merah mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe merah dari Sulawesi Utara sejak zaman penjajahan Belanda sudah sangat terkenal. Mereka berdatangan ke wilayah Indonesia Timur ini karena ingin mengambil rempah-rempah yang digunakan sebagai bahan makanan dan keperluan lain. Jahe merah asli Sulawesi Utara ini memang dikenal memiliki cita rasa khas. Tanaman berbentuk rimpang dan masih saudara dengan temu lawak ini memiliki wangi dan rasa khas yang pedas dan hangat.

Sensasi inilah yang membuat banyak orang di dunia menyukai dan kemudian menggemarinya. Apalagi kalau bukan karena rasanya yang mampu menghangatkan tubuh, melegakan tenggorokan dan memberikan efek kesehatan. Di samping rasanya itu, berbagai khasiat pun terkandung di dalamnya.

Di Sulawesi Utara, rimpang tanaman jahe merah yang sudah cukup umur untuk bisa dipanen lalu diolah menjadi minuman tradisional bernama Jahe Merah Ratu Goraka. Masyarakat Indonesia biasa menyebut minuman ini dengan istilah minuman jahe herbal menyehatkan.

Cynthia Pangalila selaku founder dari Jahe Merah Ratu Goraka menjelaskan, dengan banyaknya masyarakat yang menyukai minuman ini, pihaknya mengembangkan jahe merah ini bukan hanya untuk pasar lokal di Sulawesi Utara, tetapi juga untuk pasar nasional. ungkapnya, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Covid-19: Konsumsi Rimpang Naik, Petani Tersenyum Lebar

"Untuk memenuhi permintaan pasar nasional tersebut, dibantu Koperasi Milenial Bisnis Manado, diluncurkanlah produk inovatif jahe merah dalam bentuk serbuk siap seduh," ungkap Cynthia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/5).

Menurut Cynthia, hingga saat ini permintaan pelanggan akan jahe merah Ratu Goraka ini tak pernah surut. "Banyak testimoni penggemar setia produk ini sebagai alternatif ketika tidak dapat menemukan jahe merah segar di daerahnya. Ditambah wabah Covid-19, minuman ini dapat memberikan stamina dan kekebalan tubuh," ucapnya.

Selain mempopulerkan jahe merah, Chyntia bercerita, ia bersama rekannya, Kevin Chrisanto Sugiman dan Veyne Rugian, mengelola perkebunan sendiri. Tujuannya mulia, salah satunya membangun kota di Sulawesi Utara.

Di tengah pandemi Covid-19 yang menganjurkan agar tetap di rumah, Chyntia pun membuka peluang usaha dengan menjadi agen dan distributor produknya. "Produk kami tersedia dalam kemasan 150 gram, siap seduh. Bagi masyarakat yang ingin menambah penghasilan, kami buka peluang sebagai agen dan distributor, bisa kunjungi ratugoraka.com," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Peneliti LIPI Ungkap Manfaat Jahe Merah Hadapi Covid-19

Baca Juga

MI/M Irfan

Ada Pelonggaran Usia Umrah bagi Jemaah Indonesia

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 25 Januari 2021, 04:10 WIB
Pembukaan penerbangan umrah internasional telah mulai digelar pemerintah Saudi sejak 3 Januari...
ANTARA/Fauzan

Reaksi KIPI Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 masih dalam Kajian

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Januari 2021, 03:20 WIB
Tidak ada laporan para nakes yang disuntik pertama mengalami KIPI dengan gejala...
ANTARA/Maulana Surya

Reaksi Anafilaktik akibat Vaksinasi Jarang Terjadi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 25 Januari 2021, 02:55 WIB
Sebagai tambahan informasi, anafilaktik merupakan syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya