Minggu 03 Mei 2020, 05:27 WIB

Nova Riyanti Yusuf Masuk Finalis Science Prize for Women 2020

Siswantini Suryandari | Humaniora
Nova Riyanti Yusuf Masuk Finalis Science Prize for Women 2020

MI/Adam Dwi
Nova Riyanti Yusuf

 

DI tengah pandemik covid-19, Nova Rianti Yusuf atau biasa dipanggil Noriyu yang merupakan dokter spesialis kesehatan jiwa ini mendapat kejutan dengan masuknya ia sebagai finalis dalam ajang ASEAN-US Science Prize for Women 2020. Ia pun menjadi finalis mewakili Indonesia. 

"Di saat Indonesia sedang berjuang melawan covid-19, masuknya saya sebagai finalis bisa memberikan semangat melawan wabah virus korona," kata mantan anggota DPR RI ini, dalam keterangan tertulis, Minggu (3/5).

Dia menjelaskan tema  kompetisi tahun ini adalah Preventive Healthcare, hal itu sesuai dengan aktivitasnya yang secara kontinyu sejak 2008 terus menggiatkan pencegahan bunuh diri. Bahkan dia juga membuat layanan pencegahan remaja bunuh diri dengan menggunakan mobile mental health service yang beroperasi di Jakarta, Blitar dan Kediri. 

"Kegiatannya adalah jemput bola ke sekolah-sekolah. Dan sebetulnya tema kesehatan jiwa saat ini sedang menjadi sorotan sejak wabah covid-19. Dan terjadi kasus-kasus bunuh diri dokter UGD di New York, perawat di Italia, pejabat keuangan di Jerman, warga Korsel di Jakarta, kemudian ada remaja Inggris bunuh diri. Ini menjadi perhatian kita semua," papar Noriyu.

baca juga: Melanie Subono Sumbangsih untuk Buruh

Bahkan tidak sedikit adanya stigma di masyarakat terhadap pasien covid-19, yang menyebabkan pasien dan keluarga semakin tertekan. 
Untuk mempromosikan semua program Noriyu terkait preventif healthcare, video profil dan aktivitas Noriyu ditayangkan di Youtube sejak 29 April hingga 5 Mei. Noriyu pun berharap masyarakat Indonesia bisa memberikan dukungan dengan membubuhkan like pada video https://youtu.be/TBbXeeESQHA. Ia akan berkompetisi dengan 9 finalis lainnya yang berasal dari Kamboja, Laos, Brunei Darusaalam, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

"Semoga dewan juri juga menilai kekompakan Indonesia dalam memberikan dukungan kepada wakilnya pada ajang kompetisi women in science ini," harap Noriyu. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok.MI/Seno

Intoleransi oleh Sekolah di Sumbar, PGRI: Tanamkan Pancasila

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 25 Januari 2021, 13:41 WIB
PGRI juga menghimbau guru-guru di seluruh Indonesia mengembangkan praktik-praktik pendidikan yang sesuai nilai-nilai...
Ilustrasi

Presiden Pasang Target Ambisius Terkait Penanganan Stunting

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 25 Januari 2021, 13:40 WIB
Menko PMK Muhadji Effendy mengaku bersama seluruh kementerian/lembaga terkait telah menyiapkan langkah-langkah luar biasa untuk mewujudkan...
Ist

Dimsum Happy Hour di Mint and Pepper Restaurant, Mercure Serpong

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 12:56 WIB
Nikmati rasa autentik Chinese cuisine dengan promo Dimsum Happy Hour yang berlaku setiap hari di Mint & Pepper Restaurant mulai jam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya