Selasa 28 April 2020, 05:50 WIB

Jumlah Pasien Covid-19 Turun

Andhika Prasetyo | Humaniora
Jumlah Pasien Covid-19 Turun

Covid-19.go.id/L-1
Data Covid-19 Indonesia

 

KEPALA Gugus Tugas Perce- Kpatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyampai- kan jumlah pasien penderita virus korona yang dirawat saat ini mengalami penurunan.

Penurunan jumlah pasien positif covid-19 itu terlihat dari penurunan jumlah tempat tidur yang digunakan pasien di sejumlah RS rujukan. “Ini
kabar gembira, terjadinya penurunan pasien yang dirawat. Saat ini terdapat 7.032 orang, yang mana dilihat dari jumlah tempat tidur yang terdapat di ruang isolasi sebanyak 10.179 tempat tidur,” kata Doni dalam konferensi video di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta, kemarin.

Ia meminta seluruh pihak menjaga angka itu agar tidak naik. Bahkan, kasus pasien harus ditekan semaksimal mungkin. “Keadaan ini harus kita jaga, jangan sampai kita menambah masalah yang nantinya dirawat di rumah sakit,” imbuhnya.

Doni juga meminta masyarakat selalu menjaga imunitas dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dalam mencegah penyebaran covid-19. Protokol kesehatan itu mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, hingga menggunakan masker.

Di sisi lain, Doni meminta kepala daerah tegas terhadap warganya karena masih ada provinsi yang terus mengalami jumlah kasus positif. Pemerintah daerah juga harus menerapkan isolasi selama 14 hari kepada para pendatang.

Sementara itu, juru bicara nasional untuk penanganan covid-19, Achmad Yurianto melaporkan terdapat penambahan pasien covid-19 yang sembuh sebanyak 44 orang. Dengan demikian, total pasien sembuh menjadi 1.151 orang. “Sebaran kasus sembuh berada di Jakarta 337, Jawa Timur 140, Sulawesi Selatan 106, Jawa Barat 96, Jawa Tengah 88, dan tersebar di provinsi lainnya sehingga total 1.151,” kata Yurianto, kemarin.

Adapun penambahan kasus covid-19 selama 24 jam terakhir yakni sebanyak 214 sehingga total pasien positif menjadi 9.096. Adapun, pasien meninggal bertambah 22 orang sehingga total menjadi 765.

Penurunan jumlah pasien covid-19 juga terjadi di negara lain. Juru bicara Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, Mi Feng menyebut rumah
sakit di Wuhan tidak lagi memiliki pasien virus korona. Keberhasilan tersebut dikaitkan dengan serangkaian langkah-langkah yang komprehensif, ketat, dan menyeluruh yang dikeluarkan pihak berwenang dan diikuti masyarakat.

Adapun Vietnam telah memperlonggar aturan jaga jarak karena jumlah kasus terus menurun. Menurut data resmi, hanya ada 268 kasus virus
covid-19 dan tidak ada yang meninggal di Vietnam.

Sama seperti Vietnam, Italia akan membuka sebagian wilayah mulai 4 Mei dan warga diperbolehkan mengunjungi kerabat di wilayah tempat tinggal mereka. Pelonggaran pembatasan dilakukan karena jumlah kasus covid-19 telah menurun di negara itu.

Kerja sama ASEAN-AS

Upaya melawan pandemi covid-19 juga dilakukan dengan kerja sama antarnegara, termasuk ASEAN dengan Amerika Serikat. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyatakan ASEAN merupakan mitra strategis dalam upaya merespons pandemi dan rencana pemulihan ekonomi.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan kolaborasi dengan ASEAN untuk mengalahkan pandemi ini dan kembali dalam usaha membangun
masa depan yang cerah untuk kawasan bersama,” tulis Pompeo dalam pernyataan resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta, kemarin.

Hingga saat ini, AS telah mengeluarkan dana kesehatan darurat lebih dari US$35,3 juta untuk membantu negaranegara ASEAN dalam melawan virus dan membentuk bantuan kesehatan masyarakat senilai US$3,5 miliar di seluruh ASEAN selama 20 tahun terakhir. (Put/Ata/Ssr/Nur/Hym/Ant/KG/OL/RS/AD/LD/FL/AP/X-11)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Makin Patuh Prokes

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:22 WIB
Liburan panjang merupakan momentum pemicu utama penurunan kepatuhan disiplin protokol...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Kapasitas Testing 16 Provinsi Capai Target WHO

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:15 WIB
Dari 16 provinsi tersebut, ada 3 provinsi yang konsisten mencapai standar WHO dalam 5 minggu terakhir yaitu DKI Jakarta, Kalimantan Timur,...
Sumber: Satgas Penanganan Covid-19/Kemenristek/BRIN/Tim Riset MI-NRC/ Grafis: SENO

Vaksin Merah Putih Diproduksi Awal 2021

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 04 Desember 2020, 03:50 WIB
Pemerintah akan melibatkan perusahaan swasta untuk bekerja sama dengan BUMN Biofarma melakukan hilirisasi bibit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya