Jumat 17 April 2020, 00:50 WIB

Telemedicine Mudahkan Pelayanan Kesehatan Pasien

MI | Humaniora
Telemedicine Mudahkan Pelayanan Kesehatan Pasien

ANTARA
Achmad Yurianto

 

PEMERINTAH meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas konsultasi kesehatan secara daring (online) yang telah disediakan
sejumlah platform dan mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan.

“Sarana dan prasarana konsultasi media sudah kita buka secara luas dengan menggunakan telemedicine. Mari kita manfaatkan ini dalam rangka menjaga kita sehat agar tetap menerima informasi dengan benar,”kata juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus virus korona (covid-19) Achmad Yurianto di Jakarta, kemarin.

Yurianto menuturkan dengan mendapatkan informasi seputar kesehatan, khususnya covid-19, secara daring diharapkan masyarakat bisa tetap  menjaga kesehatan tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih memastikan rekanrekan sejawatnya akan siaga memberikan  pelayanan kesehatan lewat platform daring.

“Konsul kesehatan, meminta arahan, advice, silakan menggunakan platform telemedicine yang sudah bekerja sama dengan pemerintah,” ungkap Daeng.

Salah satu platform yang membuka layanan telemedicine ialah Alodokter yang menyediakan pelayanan konsultasi covid-19 secara gratis. Co-Founder dan Direktur Alodokter Suci Arumsari mengatakan, sejak diaktifkan minggu lalu, layanan digital Alodokter sudah diakses lebih dari 900 ribu masyarakat Indonesia.

Layanan digital fitur pemeriksaan risiko covid-19 secara gratis juga diberikan oleh PT Kalbe Farma Tbk melalui anak usahanya, Klikdokter. Klikdokter juga menyediakan informasi yang benar terkait dengan covid-19 serta layanan konsultasi dokter secara daring. (Ata/H-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

HUT ke-77 RI, Nadiem: Lanjutkan Gotong Royong, Wujudkan Merdeka Belajar

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:40 WIB
Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik di seluruh Tanah Air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan...
ANTARA/ Asprilla Dwi Adha

Kampanye The Rising Tide Kumpulkan 68 Ton Sampah dari Rumah Tangga

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:05 WIB
The Rising Tide sesuai semangatnya diharapkan dapat memberikan arah pemikiran baru di masyarakat untuk mempunyai gaya hidup yang minim...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

HUT RI ke-77, Menpora Harap Bangsa Indonesia Makin Optimistis Hadapi Tantangan

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:41 WIB
Menurut Menpora, 77 tahun kemerdekaan Indonesia, maka harapan Indonesia ke depan terbentang luas, walaupun sekarang ini tantangannya tidak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya