Selasa 31 Maret 2020, 18:54 WIB

Stok Menipis, Masyarakat Diimbau Donor Darah ke PMI Terdekat

Atalya Puspa | Humaniora
Stok Menipis, Masyarakat Diimbau Donor Darah ke PMI Terdekat

ANTARA
Petugas menunjukkan darah dari pendonor sukarela di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.

 

DI tengah pandemi Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan Relawan Siaga Sandiaga Uno mengajak masyarakat untuk terus mendonorkan darah untuk tetap menjaga kebutuhan darah tercukupi bagi yang membutuhkan.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jendral PMI Sudirman Said dalam acara Donor Darah bersama Relawan Siaga Sandiaga Uno di Markas PMI Provinsi DKI Jakarta, Selasa (31/3).

Baca juga: Gotong-Royong Bisa Bantu Kelompok Miskin Terdampak Covid-19

Sudirman Said mengatakan, idealnya stok darah secara nasional adalah 2% dari total keseluruhan penduduk Indonesia, tetapi saat ini stok darah di Unit Donor Darah PMI belum mencukupi.

"Kami sangat mengerti dengan kondisi saat ini, masyarakat mematuhi aturan yang diimbau oleh pemerintah untuk tetap berada di rumah, terkait dengan wabah Covid-19, tapi secara fakta kebutuhan darah memang sedang turun. Saat ini seperti di PMI DKI Jakarta, per hari mencapai 1.000 kantong, saat ini hanya sekitar 30% yang tersedia, atau separuhnya," Jelas Sudirman dalam keterangan tertulis, Selasa (31/3).

Sementara itu, Sandiaga Uno menambahkan, Relawan Siaga mengajak untuk masyarakat yang sehat untuk mendonorkan darahnya, karena banyak penderita thalasemia atau yang terkena DBD membutuhkan transfusi darah.

"PMI telah menyiapkan protokol penanganan Covid-19 terkait dengan donor darah, jadi kami mengajak masyarakat untuk mendatangi unit donor darah PMI terdekat, karena saat ini penderita thalasemia atau DBD sangat membutuhkan darah dari para Relawan kemanusiaan, " tambah Sandiaga. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Prasetia Fauzani.

Vaksin Covid-19 Tunjukkan Kemanjuran Tinggi terhadap Infeksi Parah Omikron

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:27 WIB
Makalah itu juga menunjukkan bahwa sementara kematian di antara orang-orang yang divaksinasi lengkap meningkat tajam selama gelombang...
Antara/Ahmad Subaidi.

Agar tidak Diskriminatif, BPOM Perlu Kaji Dampak Pelabelan Pangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:25 WIB
Berdasarkan uji laboratorium yang dilakukan BPOM terbukti bahwa migrasi BPA dalam galon masih dalam batas aman atau jauh di bawah ambang...
MI/Permana

Satu Pasien Meninggal karena Omikron Belum Divaksin

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:05 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan mengumumkan adanya pasien positif omikron yang meninggal pada Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya