Selasa 24 Maret 2020, 14:16 WIB

Pembatalan UN Demi Keselamatan Pelajar

Andhika Prasetyo | Humaniora
Pembatalan UN Demi Keselamatan Pelajar

ANTARA
Ilustrasi - Ujian Ditunda.

 

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan keputusan pembatalan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2020 dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan para pelajar dan keluarga mereka.

"Ada 8 juta siswa yang terdaftar mengikuti UN. Jika itu tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, risiko besar akan menghampiri, tidak hanya bagi para siswa tetapi juga keluarga mereka. Jumlah mereka sangat besar," ujar Nadiem usai mengikuti rapat terbatas, Selasa (24/3).

Baca juga: Resmi, UN 2020 Ditiadakan

Walaupun UN dibatalkan, sekolah-sekolah masih bisa menggelar ujian secara mandiri. Dengan catatan, kegiatan tersebut tidak dilakukan secara tatap muka atau mengharuskan pelajar ke sekolah dan berkumpul di suatu ruangan. "Sekolah bisa melakukan ujian secara daring," tuturnya.

Jika sekolah mengalami kesulitan menerapkan hal tersebut, maka dapat dilakukan penilaian terhadap para pelajar dari hasil pembelajaran selama lima semester ke belakang. "Opsi-opsi itu bisa ditentukan setiap sekolah," tutur Nadiem.

Ia menambahkan, hasil penilaian tersebut nantinya bisa menjadi bekal untuk penerimaan peserta didik baru di tahun ajaran berikutnya.

"Sangat penting untuk diketahui bahwa pembatalan UN tidak boleh berdampak pada penerimaan peserta didik baru," jelasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

AS Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

👤ATIKAH ISHMAH WINAHYU 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:15 WIB
PERUSAHAAN-PERUSAHAAN di Amerika Serikat (AS) mulai mempersiapkan upaya logistik besar-besaran guna membantu distribusi vaksin...
Antara

Perempuan Tanah Jahanam Borong Piala Citra 2020

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 23:15 WIB
Film Perempuan Tanah Jahanam mampu meraih enam Piala Citra dari enam kategori dan masuk di 17 nominasi kategori yang merupakan rekor...
 MI/Bagus Suryo

Merasa sudah Jaga Diri, Menaker Terkejut Positif Covid-19

👤 Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:19 WIB
Setelah dinyatakan positif covid-19, Ida memerintahkan kepada seluruh staf Kemenaker untuk melakukan PCR...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya