Jumat 20 Maret 2020, 09:55 WIB

Doni Monardo Ajak Warga Jadi Pahlawan Kemanusiaan

mediaindonesia.com | Humaniora
Doni Monardo Ajak Warga Jadi Pahlawan Kemanusiaan

Antara
Ketua TGTP2C Doni Monardo

 

KETUA Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengajak masyarakat menjadi pahlawan kemanusiaan. Caranya, dengan ikut mengurangi potensi penyebaran virus korona.

“Kita bisa menjadi pahlawan kemanusian bila kita bisa menyebar pesan kebaikan. Ikuti dan taati serta disiplin tentang jaga jarak dalam setiap kesempatan, hindari kerumunan, jangan sentuh mata hidung dan mulut bila pegang sesuatu, sering cuci tangan, serta perbanyak kegiatan di rumah,” ajak Doni kepada masyarakat.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nazaruddin Umar mengajak masyarakat mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar selama dua pekan ke depan tidak melaksanakan Salat Jumat di masjid. Salat Jumat diubah menjadi Salat Zuhur di rumah masing-masing.

Baca juga: Imam Besar Istiqlal Imbau Umat tidak Lakukan Kegiatan Berjamaah

Masjid Istiqlal sendiri, selama dua pekan ke depan, tidak akan menyelenggarakan Salat Jumat. Langkah itu ditempuh untuk menghindarkan umat dari terpapar virus korona yang sedang mewabah sekarang ini.

“Kita memang harus percaya takdir, tetapi juga tidak boleh melupakan ikhtiar. Demikian pula sebaliknya, kita melakukan ikhtiar, tidak boleh melupakan takdir,” ujar Nazaruddin Umar.

Dalam mencegah penyebaran virus korona, menurut Nazaruddin, wajib mengikuti arahan dari ulama dan umara.

“Kita ikuti saja sekarang apa yang sudah menjadi fatwa MUI dan arahan Presiden serta Gubernur DKI Jakarta untuk kita melaksanakan ibadah di rumah saja. Kita panjatkan doa kita kepada Allah SWT karena Allah tahu apa yang sedang kita hadapi sekarang ini,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal itu. (RO/OL-1)

Baca Juga

Dok. Istimewa

Galon Plastik Sekali Pakai Disebut Mudah Didaur Ulang

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:02 WIB
Kode plastik daur ulang Nomor 1 tergolong mudah didaur ulang dan dapat digunakan...
MI/Rommy Pujianto

Data Komprehensif Penyandang Disabilitas Mendesak Diwujudkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:07 WIB
Pemanfaatan data secara komprehensif itu untuk kepentingan penanganan para penyandang disabilitas yang juga merupakan bagian dari warga...
Dok. LAPAN

Ternyata, Indonesia Negara Kedua di Asia yang Luncurkan Roket

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:40 WIB
Tipe roket yang dikembangkan antara lain RX-100, RX-120, RX-360, RX-450, RX-550. Roket RX-450 yang mengemban misi sebagai roket peluncur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya