Selasa 18 Februari 2020, 19:46 WIB

3 Orang Utan Dilepasliarkan ke Kawasan Taman Nasional

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
3 Orang Utan Dilepasliarkan ke Kawasan Taman Nasional

ANTARA
Orang utan Sumatra (Pongo abelii) betina (13) bernama Veni berada di alam bebas kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Tigapuluh, Jambi.

 

DIREKTORAT Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK melalui Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan mitra Yayasan BOS (Borneo Orang utan Survival Foundation) melakukan pelepasliaran tiga orang utan Kalimantan di kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Resort Tumbang Hiran, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kasongan.

Ketiga orang utan Kalimantan itu bernama Batola (jantan, 17 tahun), Paduran (betina, 12 tahun), dan Unyu (betina, 6 tahun). Tiga orang utan hasil proses rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng akan diberangkatkan dari Nyaru Menteng langsung ke lokasi pelepasliaran dengan menempuh perjalanan lebih kurang selama 15 jam. 

Baca juga: Buwas: Bulog Tetap Salurkan Beras untuk Rastra

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati KLHK, Indra Eksploitasia, mengatakan dengan pelepasliaran tiga orang utan hasil rehabilitasi ini ke alam dapat meningkatkan populasinya di alam.

"Momen ini juga diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pelestarian orangutan, serta meningkatkan kolaborasi berbagai pihak, terutama masyarakat yang ada disekitar kawasan hutan dalam upaya perlindungan keanekaragaman hayati di lndonesia," kata Indra dalam keterangannya, Selasa (18/2).

Indra memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya pelepasliaran orang utan ini. Dirinya menyadari bahwa upaya konservasi tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri, semua pihak, pemerintah daerah, kementerian/ lembaga lain, masyarakat setempat, pelaku bisnis, dan lembaga-lembaga masyarakat perlu bekerja sama. Dengan demikian kelestarian alam dan seisinya dapat terjaga.

"Untuk itu saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan pelepasliaran tiga orang utan ini," sebutnya (OL-6)

Baca Juga

AFP

Lelah setelah Divaksin Covid-19? Ini Cara Mengatasinya

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 24 Januari 2021, 09:55 WIB
Efek samping setelah divaksin merupakan hal normal sebab tubuh sedang membangun...
Instagram

Pulau Batam dan Bintan Disiapkan untuk Terapkan Travel Bubble

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 24 Januari 2021, 09:25 WIB
Perubahan status covid-19 sebuah negara menjadi...
123RF

Sederet Vitamin yang Baik Dikonsumsi selama Pandemi Covid-19

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 24 Januari 2021, 08:50 WIB
Ada 4 vitamin yang dibutuhkan untuk mendukung sistem...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya