Senin 17 Februari 2020, 20:44 WIB

Merawat Terumbu Karang Melindungi Ekosistem

Antara | Humaniora
Merawat Terumbu Karang Melindungi Ekosistem

Antara
Generasi muda dilibatkan dalam pelestarian terumbu karang.

 

KEMAMPUAN terumbu karang dalam menyerap CO2 dan memproduksi O2 berperan sebagai pelindung bagi ekosistem yang ada di sekitarnya. Terumbu karang juga mampu melindungi daratan dari abrasi.
 
Sayangnya, jumlah terumbu karang saat ini perlahan hilang akibat penangkapan ikan, pembangunan daerah pesisir, hingga pencemaran, dan perubahan iklim.

"Banyak masyarakat dan nelayan belum tahu bahwa terumbu karang itu mahluk hidup, bukan batu biasa," kata Mikael Prastowo, perwakilan lembaga swadaya masyarakat Yayasan Terangi (Terumbu Karang Indonesia) di Belitung, akhir pekan ini.

Indonesia dikaruniai terumbu karang dengan luas hingga 2,5 juta hektare. Karenanya, masyarakat patut melestarikannya dengan baik.

"Terumbu karang membawa bermacam manfaat penting, termasuk mengurangi penyebab pemanasan global," imbuh Mikael Prastowo

Terkait ini, Asisten GM Marketing Communication PT Sharp Electronics Indonesia Agus Soewarji mengatakan turut membantu rehabilitasi terumbu karang di daerah wisata, Belitung.

Ia mengatakan aksi serupa pernah dilakukan Sharp Indonesia pada 2010, 2015, 2016, dan 2017. Kali ini bantuan rehabilitasi terumbu karang merupakan kado spesial karena sekaligus merayakan 50 tahun perusahaan itu beroperasi di Indonesia.

Sharp Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Terangi menanam 500 terumbu karang di Kabupaten Belitung. Terumbu karang akan terus dipantau dan dirawat agar terus tumbuh dan berfungsi sebagai penjaga ekosistem laut maupun iklim bumi. (OL-13)

Baca Juga

Antara

Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 1.831 Orang

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:40 WIB
Sedangkan, untuk kasus aktif bertambah 754 sehingga menjadi 13.968...
Antara

Ibu Hamil dan Menyusui Harus Berhati-Hati dalam Memilih Skincare

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:24 WIB
Penggunaan bahan tertentu pada produk skincare, tidak langsung terdeteksi melalui USG dan dikhawatirkan mengganggu perkembangan otak...
Antara

Menkes: Berantas Narkoba, Wujudkan Generasi Unggul

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:10 WIB
Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, yang berperan penting dalam program pembangunan negara. Pada 2030, Indonesia akan mencapai bonus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya