Minggu 09 Februari 2020, 15:28 WIB

Australia Apresiasi Bantuan Indonesia Untuk Penanganan Kebakaran

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
 Australia Apresiasi Bantuan Indonesia Untuk Penanganan Kebakaran

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat menghadiri jamuan makan siang kenegaraan oleh Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Government House, Canberra.

 

PRESIDEN Joko Widodo menghadiri jamuan makan siang kenegaraan yang diadakan Gubernur Jenderal Australia David Hurley di Government House, Canberra, Australia, Minggu (9/2).

Jamuan tersebut yang turut dihadiri Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, sebagai rangkaian upacara penyambutan kenegaraan terhadap kunjungan Jokowi, sapaan akrabnya.

Kunjungan Jokowi ke Canberra yang merupakan pertama kali itu bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia. Kepala Negara menyebut kunjungan dilakukan di tengah situasi dunia yang fluktuatif.

"Kunjungan ini saya lakukan pada saat situasi dunia sedang tidak menentu dan dipenuhi berbagai macam tantangan. Termasuk merebaknya virus korona akhir-akhir ini," kata Jokowi, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (9/2).

Baca juga: Kunjungi Australia, Jokowi Disambut Upacara Kenegaraan

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kunjungan itu dilakukan saat Australia sedang menghadapi tantangan kebakaran hutan yang masif.

"Justru di saat seperti inilah pentingnya seorang teman untuk bertandang. Saling menguatkan di waktu sulit dan saling menguatkan untuk berkontribusi pada dunia," imbuh Presiden.

Gubernur Jenderal David menyampaikan apresiasi atas kontribusi Indonesia dalam penanganan kebakaran hutan yang melanda Australia.

"Kita sangat berterima kasih untuk bantuan Indonesia dalam menghadapi kebakaran hutan di Australia dengan pengiriman lebih dari 30 insinyur angkatan bersenjata untuk berkontribusi pada Operation Bushfire Assist (Operasi Penanganan Kebakaran Hutan)," tutur Hurley.

"Pada saat kita memerlukan, negara Anda membantu negara kami, itulah tanda bagi sebuah persahabatan yang sejati," sambungnya.

Jokowi juga kembali menegaskan komitmen Indonesia untuk menjaga hubungan baik dengan sejumlah negara tetangga, termasuk Australia. Presiden berharap kedua negara dapat terus bekerja sama yang menguntungkan di berbagai bidang.

"Hubungan ekonomi akan terus kita perkuat melalui implementasi IA-CEPA. Hubungan antarmasyarakat akan terus kita perkuat melalui kerja sama pendidikan," pungkas Jokowi.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Jumlah Penduduk Indonesia Capai 270,2 Juta Jiwa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:08 WIB
Jumlah penduduk itu bertambah sekitar 32,6 juta jiwa bila dibandingkan dengan sensus penduduk yang dilakukan di...
ANTARA/YUSUF NUGROHO

Ciptakan Ketahanan Pangan di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 21 Januari 2021, 17:40 WIB
Perubahan iklim memberi dampak buruk pada berbagai aspek kehidupan termasuk krisis...
Antara

Perpanjangan PPKM Harus Diikuti Evaluasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 17:35 WIB
Ironisnya, di tengah pemberlakuan PPKM Jawa-Bali tahap 1, pertambahan jumlah positif Covid-19 kerap menembus angka 10.000 per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya