Kamis 06 Februari 2020, 23:05 WIB

305 Bintang Laut Berduri Dimusnahkan

Retno Hemawati | Humaniora
305 Bintang Laut Berduri Dimusnahkan

http://ksdae.menlhk.go.id
Bintang laut berduri.

 

KONSERVASI Perairan Daerah (UPTD KKP) Provinsi Papua Barat, memusnahkan ratusan bintang laut berduri yang merupakan hama bagi terumbu karang.

Pemusnahan bintang laut berduri tersebut dilakukan bersama mitra kerja di kawasan konservasi perairan Urai, Doberai, dan Sapokren. Kamis (6/2), dengan jumlah 305 bintang laut berduri atau CoTS.

Kepala BLUD UPTD Pengelolaan KKP Raja Ampat, Safri mengatakan pemusnahan bintang laut berduri tersebut bekerja sama dengan mitra kerja, yakni Yayasan Cahaya Anak Papua dan Yayasan Papex.

Dia menjelaskan pemusnahan dengan dua cara, yakni secara manual dengan dijepit menggunakan bambu dan injeksi dengan alat suntik.

Dia menjelaskan pada kegiatan di perairan Urai, tim berhasil melakukan injeksi 160 bintang laut berduri, di perairan seputaran Doberai, tim mengangkat 111 bintang laut berduri dengan cara dijepit bambu.

Di perairan Sapokren, tim berhasil mengangkat 33 bintang laut berduri dengan cara manual dan cara injeksi satu hama terumbu karang tersebut.

Ia menjelaskan pemusnahan bintang laut berduri salah satu komitmen BLUD KKP untuk menjaga kelestarian alam bawah laut di kawasan konservasi perairan daerah Raja Ampat dengan melibatkan mitra kerja dari kalangan pemerhati konservasi.

Dia mengatakan kegiatan tersebut akan terus dilakukan secara rutin dengan melibatkan semua pihak terkait sebagai bentuk pengawasan terhadap kawasan konservasi perairan daerah Raja Ampat atas ancaman peningkatan populasi bintang laut berduri yang berdampak pada kerusakan terumbu karang.

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak mitra yang selama ini memberikan dukungan bersama-sama menjaga kelestarian alam kawasan konservasi perairan daerah kabupaten Raja Ampat," tutupnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Sumaryanto Bronto.

Peran Generasi Muda dalam Transformasi Digital untuk Akselerasi Pembangunan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 15:43 WIB
Peran aktif generasi muda dalam meningkatkan literasi digital masyarakat sangat penting untuk mengakselerasi proses...
Ist

Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di New York Fashion Week

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:31 WIB
Kali ini tema yang diangkat adalah "Sea Reflection" yang terinspirasi dari keindahan bawah laut khususnya Bunaken Sulawesi Utara...
dok.ist

Jokowi: Kita Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 13:21 WIB
PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia membutuhkan SDM yang berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya