Senin 03 Februari 2020, 18:46 WIB

Tingkat SDM Pendidikan, Babel Lanjutkan MoU Dengan UNY

Rendy Ferdiansyah | Humaniora
Tingkat SDM Pendidikan, Babel Lanjutkan MoU Dengan UNY

MI/Rendy Ferdiansyah
Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan (kiri) dan Rektor UNY Prof Sutrisna memperlihatkan naskah MoU.

 

Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali melaksanakan MoU dengan Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (3/2). Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman Djohan mengatakan MoU bidang pendidikan ini untuk kedua kalinya diperpanjang dan ini akan terus berlanjut.

Ia mengaku MoU ini nanti akan lebih ditingkatkan dengan perjanjian kerja sama (PKS) untuk meng-upgrade guru SMK dan kepala sekolah.

"Ke depannya bukan hanya MoU beasiswa bidang pendidikan S1 dan S2 saja, tetapi akan kita tingkatkan dengan PKS upgrade guru serta kepala sekolah, ditambah dengan koloborasi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) yang ada di SMK-SMK di Babel," terangnya. "Kita harapkan dengan MoU pendidikan dengan UNY ini dapat menciptakan SDM-SDM di bidang pendidikan yang handal."

Sementara itu, Rektor UNY Prof Sutrisna Wibawa menyambut baik perpanjangan MoU pendidikan ini. "Kami gembira dengan kerja sama kedua ini. Tindak lanjut ini harus lebih kongkrit poin per poin untuk diimplementasikan dalam bentuk PKS," kata Sutrisna.

Ia mengaku Babel merupakan provinsi pertama yang sudah mampu menerapkan BLUD di unit sekolah. "Kami sudah mencoba di tahun 2009 lalu, tapi itu tidak bisa dilaksanakan karena pertanggungjawaban uangnya harus ke kas negara. Tapi Babel, keuangan BLUD-nya bisa langsung oleh sekolah. Hanya tinggal pengembangannya saja," terangnya.

Kepala dinas Pendidikan Provinsi Babel. Muhammad Soleh mengatakan, MoU bidang pendidikan dengan UIY ini sudah berjalan sejak 2018 lalu. "Beasiswa untuk mahasiwa S1 dan Paska Sarjana ini sudah berjalan sejak tahun 2018 dengan UNY ini," imbuh Soleh.

Menurut Soleh, mahasiswa yang diberi beasiswa Babel, kuliah di UIY ini adalah calon guru produktif untuk mengajar di SMK. "Mereka kita ikat dengan perjanjian. Setelah selesai kuliah harus menjadi guru honor provinsi untuk SMK," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk tahun lalu anggaran beasiswa pendidikan Rp18 miliar termasuk UNY. "Setiap tahun kita upayakan beasiswa pendidikan ini akan terus kita tingkatkan," ungkap dia.(RF/OL-10)

Baca Juga

Antara

Dirut Sriwijaya Air Mengapresiasi Pihak Terlibat Pencarian Korban

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 19:15 WIB
Sriwijaya Air akan menggelar proses tabur bunga pada Jumat (22/1) untuk mengenang para...
MI/Susanto

Menhub Nyatakan Pencarian SJ 182 Resmi Dihentikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:49 WIB
Menhub menjelaskan Basarnas sudah melakukan operasi selama tujuh hari dan sudah memperpanjang 2x3 hari dan sudah ditemukan sebanyak 324...
Antara

Jumlah Penduduk Indonesia Capai 270,2 Juta Jiwa

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:08 WIB
Jumlah penduduk itu bertambah sekitar 32,6 juta jiwa bila dibandingkan dengan sensus penduduk yang dilakukan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya