Minggu 05 Januari 2020, 10:56 WIB

PMI Jakarta Pusat Semprot Disinfektan di Petamburan

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
PMI Jakarta Pusat Semprot Disinfektan di Petamburan

MI/Atikah Ishmah Winahyu
Petugas PMI Jakpus Lakukan penyemprotan cairan disinfektan

 

BANJIR yang melanda sejumlah wilayah di DKI Jakarta mulai surut. Untuk membantu kawasan yang terdampak banjir, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat menggelar kegiatan kerja bakti bersama dan penyemprotan cairan disinfektan di permukiman penduduk di Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu (5/1).

Ketua Pengurus PMI Kota Jakarta Pusat Soewardi Sulaiman mengatakan upaya ini dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit seperti leptospirosis yang disebabkan oleh kuman dan bakteri pascabanjir.

"Pascabanjir itu kan kemungkinan banyak penyakit, makanya kita siapkan disinfektan ini. Itu untuk mematikan kuman-kuman, jaga-jaga jangan sampai warga yang kena musibah kena pentakit lagi itu tujuan kita," kata Soewardi saat ditemui Media Indonesia di kantor Kelurahan Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu (5/1).

Baca juga: Waspada Leptospirosis saat Banjir, Lakukan Enam Hal Antisipasi

Soewardi menuturkan, ada sekitar 100 orang relawan yang berasal dari Pramuka, Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) hingga mahasiswa turut terlibat dalam kegiatan ini. PMI Kota Jakarta Pusat pun terus berkoordinasi dengan pemerintah kota agar selalu cepat tanggap dalam membantu warga yang terkena bencana.

"Kita punya posko yang selalu siap menerima laporan dari masyarakat, apa saja yang dibutuhkan kita siapkan semua. Kita bukan diam saja, kita mobile setiap hari. Kita juga ada HT yang selalu siap berkoordinasi dengan Walikota supaya (ketika) dapat informasi, kita berangkat," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Soal Laporan PPKM, Jakarta dan Bandung Disebut Paling Responsif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:45 WIB
Selama PPKM tahap pertama pada 11-25 Januari, terdapat 70 laporan terkait pelanggaran prokes di berbagai daerah yang masuk ke Koalisi Warga...
MI/ Bary Fathahilah

Butuh Langkah Progresi Hadapi Ancaman Ledakan Penyebaran Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:35 WIB
Langkah strategis itu, antara lain penambahan sarana dan prasarana kesehatan untuk mengatasi pertambahan kasus positif Covid-19 yang cukup...
m.youtube.com

Masalah Kulit Bisa Disebabkan Oleh Stres

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:13 WIB
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Raendi Rayendra mengatakan, stres adalah faktor utama yang bisa memicu timbulnya alergi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya