Rabu 01 Januari 2020, 03:00 WIB

Agar Bobot Tubuh Tetap Ideal selama Kehamilan

Rona kehamilan | Humaniora
Agar Bobot Tubuh Tetap Ideal selama Kehamilan

(Ilustrasi/Medcom.id).
Kenaikan berat badan selama kehamilan yang normal sebanyak 15 kilogram.

 

Saat dinyatakan hamil adalah momen membahagiakan bagi setiap calon orang tua baru. Di antara banyak pertanyaan calon ibu adalah berapa banyak penambahan berat badan selama kehamilan yang sehat bagi ibu dan bayi.  
 
Kenaikan berat badan selama kehamilan yang normal sebanyak 15 kilogram. Seperti dimuat dalam Health, American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan kenaikan bobot tubuh saat hamil 9 hingga 11 kilogram.
 
Dokter OB-GYN di Presbyterian Hospital of Dallas Frances Crites mengatakan semakin gemuk pasien menyebabkan masalah dalam persalinan.


Pertambahan berat badan di antara kehamilan juga bisa menjadi masalah. Peneliti Harvard dan Swedia menemukan bahwa wanita dengan berat badan normal, kenaikan berat 3 kilogram di antara kehamilan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan kelahiran mati. Penelitian tersebut dilakukan terhadap lebih dari 150.000 wanita Swedia.
 
Hal lainnya adalah peningkatan risiko diabetes sebanyak 30 persen dari kenaikan berat badan yang kecil itu.
 
Sementara itu, penurunan berat badan di antara kehamilan juga berbahaya. Sebuah studi di Irlandia menemukan bahwa wanita yang IMTnya turun lima unit atau lebih meningkatkan risiko kelahiran prematur.
 
Jadi, apa yang harus dilakukan ibu hamil? Crites menawarkan sarannya:
 
Jangan menambah lemak
 
Berat selama kehamilan terdiri dari berat bayi 4 kilogram, cairan ketuban 1,5 kilogram, plasenta setengah kilogram, tambahan darah 2 kilogram dan beberapa ons tambahan pada jaringan dan cairan payudara. "Itu bukan lemak tapi berat badan untuk mendukung kehamilan," ujar Crites.
 
Terus bergerak
 
Sebagian besar wanita hamil mengalami kenaikan berat badan berlebih akibat mengurangi aktivitas mereka. Crites menyarankan agar ibu hamil tetap berolahraga dengan berkonsultasi ke dokter lebih dulu.
 
Awasi Kenaikan Berat Badan
 
Wanita normal dan kurus harus menambah berat badan sekitar 1-2 kilogram sebulan saat hamil. "Tetapi jika Anda kelebihan berat badan, pertahankan kenaikan berat badan hanya 2,5 sampai 5 kilogram saja selama kehamilan," kata Crites.

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

25 Relawan Uji Kinis Terpapar Covid, Ini Penjelasannya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 22 Januari 2021, 10:39 WIB
Adanya 25 relawan terpapar covid-19  karena para relawan tetap diperbolehkan beraktivitas seperti biasa. Sehingga kemungkinan untuk...
Ist/BPIP

'Sekolah Pancasila', BPIP Dorong Generasi Pelopor Nilai Pancasila 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 09:37 WIB
BPIP mendorong Generasi Indonesia untuk menggali nilai-nilai Pancasila. Sehingga diharapkan tidak terjebak pada isu-isu yang tidak...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Saiful Mujani Diangkat Sebagai Guru Besar Ilmu Politik UIN Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Januari 2021, 08:10 WIB
Kemendikbud menaikkan jabatan Dr Saiful Mujani MA sebagai Profesor dan Guru Besar bidang ilmu politik Universitas Islam Negeri Syarif...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya