Sabtu 21 Desember 2019, 22:30 WIB

Cara Mengajarkan Anak untuk Menunggu

Raka Lestari | Humaniora
Cara Mengajarkan Anak untuk Menunggu

shutterstock
Cara Mengajarkan Anak untuk Menunggu

 

ANAK-ANAK suka mempelajari hal baru, tetapi beberapa hal lebih mudah diajarkan dan beberapa hal lainnya tdak terlalu mudah. Dan ketika mengajarkan anak untuk menunggu giliran mereka, itu bisa menjadi sesuatu yang tricky bagi orang tua.
 
Ini karena kebanyakan anak-anak tidak terlalu menyukai konsep menunggu untuk melakukan sesuatu yang sangat ingin mereka lakukan. Lalu bagaimana cara orang tua mengajarkan anak-anak menunggu gilirannya sampai giliran mereka tiba?
 
“Membangun kesabaran pada anak-anak membutuhkan waktu, dan merupakan hal yang bermanfaat untuk diterapkan. Menunggu tidaklah sederhana,” ujar Jessica Rolph, pendiri, CEO, dan pakar pengembangan anak di Lovevery, seperti dilansir Romper.

Bicarakan kepada anak apa yang terjadi dan apa yang akan terjadi, sehingga itu bukanlah sesuatu yang mengejutkan mereka. Jessica Rolph menjelaskan bahwa Anda bisa memberitahukan kepada anak Anda bahwa mereka harus menunggu beberapa waktu untuk bisa menggunakan mainan favorit mereka misalnya.
 
“Anak-anak mungkin belum memahami konsep waktu, tetapi hal ini dapat membantu anak-anak untuk mulai memahaminya sedikit,” imbuhnya.
 
Dr Gina Posner, seorang dokter anak bersertifikat di MemorialCare Orange Coast Medical Center menambahkan bahwa mencontohkan kepada anak merupakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan.
 
“Latih apa yang Anda ajarkan dengan mencontohkan perilaku ini. Mengantre bersama mereka dan tunjukkan kepada mereka bahwa mereka harus menunggu orang lain di depan mereka terlebih dahulu,” terangnya.
 
Rolph mengatakan, menunggu juga bisa menjadi sesuatu yang menantang bagi mereka, karena mereka belum memahami aturannya dan mereka mungkin merasa bingung mengapa harus menunggu untuk mendapatkan sesuatu.
 
“Menunggu juga bisa membuat anak Anda merasa kecewa dimana anak harus menunggu untuk sesuatu yang mereka sukai,” terangnya.
 
Lalu pada usia berapa Anda mulai bisa menanamkan pembelajaran mengenai menunggu giliran pada anak Anda? Rolph mengatakan sekitar usia 2 adalah waktu yang tepat untuk memulainya.
 
“Belajar untuk menunggu giliran pada usi ini sangat membutuhkan dukungan dan bimbingan dari orang dewasa karena anak-anak masih berada pada tahap awal mempelajari hal-hal yang belum sepenuhnya mereka pahami,” tutup Rolph. (Medcom/OL-12)

Baca Juga

Antara

Kemenkes Instruksikan RS Tambah Alokasi Ruang Covid-19 Hingga 40%

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 28 Januari 2021, 00:10 WIB
Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Indonesia sudah mencapai...
Dok. Pribadi

Sinergi Pentahelix Bangun SDM Unggul Indonesia  

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:52 WIB
“Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul yang kreatif dan inovatif, perguruan tinggi harus bergotong-royong, seperti...
Antara

Sepi Job Karena Covid-19, Aliansi Pekerja Seni Ngadu ke DPR

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:25 WIB
 Pekerja Seni Indonesia mengadu nasib kepada Komisi X DPR RI mengenai nasibnya kini yang terombang-ambing atas kebijakan pemerintah di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya