Selasa 26 November 2019, 21:35 WIB

Kudus Kembangkan PAUD Menuju Era Industri 4.0

media indonesia | Humaniora
Kudus Kembangkan PAUD Menuju Era Industri 4.0

DOK. PGB Kudus
Penampilan anak-anak PAUD dalam acara Konferensi Guru & Festival PAUD di Kabupaten Kudus, pada Selasa (26/11).

 

KABUPATEN Kudus menjadi saksi transformasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang telah mengembangkan berbagai praktik inovatif pembelajaran berbasis bermain dalam menyikapi pesatnya perkembangan revolusi industri 4.0.

Konferensi Guru dan Festival Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada 26-27 November 2019, memberikan peluang bagi pendidik dari berbagai lembaga PAUD di Kudus untuk berbagi hasil penerapan play-based learning atau pembelajaran berbasis bermain yang telah berhasil memberikan dampak pada anak didik. Diantaranya, dalam pengembangan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, and Collaboration) yang sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus menghadapi tantangan dan peluang abad 21.

Sebanyak 51 pendidik dari 11 lembaga ikut berbagi praktik baik dalam Konferensi yang diadakan di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus pada 26 November 2019, dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional. Topik penelitian mereka beragam, diantaranya Mendorong antusias belajar generasi 4.0 melalui Concrete Experiential Learning, Melibatkan peran serta masyarakat dalam pembelajaran PAUD melalui program Kula Nuwun, dan Pembelajaran berbasis bermain melalui penelitian kebunku dalam mengembangkan numerasi dasar anak TK B.

"Kudus telah menjadi saksi sikap belajar sepanjang hayat atau lifelong learning telah dibentuk sejak anak usia dini oleh guru PAUD yang juga tidak berhenti belajar dan berinovasi," ungkap Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP PAUD dan Dikmas) Jawa Tengah, Djajeng Baskoro, Selasa (26/11).

Ketua Panitia Konferensi Wening Damayanti mengatakan bahwa masa-masa di PAUD merupakan tahapan penting dan unik dalam kehidupan anak yang seharusnya diisi dengan proses pembelajaran berbasis bermain. 

"Konferensi Guru dan Festival PAUD ini memberikan kesempatan bagi lebih dari 200 pendidik PAUD Kudus untuk datang bersama belajar serta melihat praktik-praktik yang telah kami mulai untuk menjawab tantangan PAUD saat ini," ujar Wening yang juga salah satu pengelola di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, serta pengajar di PAUD Masehi Kudus. (RO/R-2)

Baca Juga

Antara/Arnas Padda

Pembukaan Sekolah Harus Perhatikan Indikator Epidemiologis

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 29 November 2020, 20:20 WIB
"Paling tidak bisa menggunakan indikator epidemiologi, kalau kasus banyak atau zona merah dan oranye, saya sarankan tidak membuka...
Antara

300 Perempuan Dilatih untuk Wujudkan Desa Ramah Perempuan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Minggu 29 November 2020, 20:05 WIB
Program ini terkait dengan strategi pencapaian SDG's desa yang dideklarasikan 11 November...
Tangkapan layar Youtube

Ketua IDAI Rekomendasikan Anak Tetap Belajar di Rumah

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 29 November 2020, 20:05 WIB
IDAI tetap merekomendasi anak belajar di rumah sampai kasus terkendali sesuai kriteria...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya