Rabu 25 September 2019, 21:15 WIB

UNJ Wisuda 3.629 Lulusan Tahun Akademik 2018/2019

Syarief Oebaidillah | Humaniora
UNJ Wisuda 3.629 Lulusan Tahun Akademik 2018/2019

Ist
Rektor Universitas Negeri Jakarta,

 

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 pada Rabu (25/9) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada acara kali ini, Plt Rektor UNJ, Prof Dr Intan Ahmad, mewisuda sebanyak 3.629 orang lulusan, yang terdiri atas program D3 sebanyak 600 orang, program S1 sebanyak 2.624 orang, program S2 sebanyak 282 orang, dan program S3 sebanyak 123 orang.

Secara keseluruhan, jumlah alumni UNJ saat ini telah mencapai 121.486 orang yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Pada pidato bertajuk 'Tantangan dan Peran Universitas serta Lulusannya dalam Menghadapi Dinamika Perkembangan Abad ke-21', Intan Ahmad mengutarakan perkembangan abad ke-21 dengan munculnya revolusi industri 4.0 dan society 5.0 sebagai supersmart society, serta perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan dan kesepakatan masyarakat regional dan global berdampak pada tuntutan kompetensi para wisudawan saat ini.

Universitas pada akhirnya tidak hanya berperan dalam mentransfer ilmu pengetahuan, akan tetapi menghasilkan lulusan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara komprehensif.

"Lulusan UNJ diharapkan tidak hanya memiliki pengetahuan pada bidang keilmuan juga keterampilan hidup atau life skills dalam beradaptasi terhadap perubahan masyarakat dan perkembangan iptek yang sangat pesat," kata Intan Ahmad melalui keterangan resmi yang diterima Rabu.

Guru Besar Institut Teknologi Bandung ini melanjutkan, keterampilan abad 21 muncul dari sebuah asumsi saat ini kita hidup dan tinggal dalam lingkungan dengan percepatan kemajuan teknologi dan informasi yang sangat tinggi disertai pola-pola komunikasi dan kolaborasi yang baru.


Baca juga: Operet Aku Anak Rusun Jakarta Hadir Kembali


Mengutip dari Parnership for 21st Century Skills 2007, lanjut Intan, bahwa kesuksesan dalam dunia digital ini sangat tergantung pada keterampilan 4C (creative, critical, collaborative, dan communication), namun tidak hanya berfokus terhadap pengembangan keterampilan tersebut.

Menurut Tolmin, pakar lainnya, pada 2017, ada juga tambahan 4C lainnya, yaitu care, connection, community, dan connection.

"Keterampilan 8C ini menuntut anda agar tidak hanya memiliki keterampilan belajar dan hidup atau life learning skills, namun juga peduli, empati, serta berdampak terhadap lingkungan sekitar,” tegasnya.

Dia melanjutkan, UNJ memiliki identitas yang berbeda dengan Universitas lain. Perubahan IKIP Jakarta menjadi UNJ berdampak pada beragamnya bidang disiplin ilmu dan kompetensi lulusan yang dihasilkan.

Sejalan dengan perubahan visi UNJ menjadi universitas yang bereputasi di kawasan Asia, sehingga diharapkan para wisudawan mencerminkan identitas sebagai lulusan UNJ yang terus terbuka dengan berbagai perkembangan dan keragamaan keilmuan dan perbedaan, serta terus mengembangkan diri secara holistik, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja, tetapi kerja meningkatkan martabat dan reputasi diri, keluarga, universitas, bangsa dan negara.

Intan Ahmad juga berpesan bagi para wisudawan, sebagai kaum intelektual, jangan berpuas diri, teruslah belajar serta terus menumbuhkan pola pikir optimisme terhadap berbagai kemungkinan dan perubahan masa depan, selalu mencari peluang terbaik melalui learning, re-learning, anticipating, and reinventing.

"Tanamkan selalu nilai sosial atau social responsibility, terus berintegrasi, berkomitmen, dan berkontribusi positif kepada masyarakat, serta harus menjadi pembelajar sepanjang hayat (life-long learner) dan mempunyai keterampilan atau keunggulan yang tidak dipunyai oleh orang lain," tukasnya.

Mantan Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi itu menyebutkan capaian prestasi yang diraih UNJ. Secara umum prestasi mahasiswa UNJ dalam bidang akademik, seni, dan olahraga telah mengharumkan nama UNJ.

Capaian prestasi mahasiswa dalam kurun waktu Maret 2019 hingga September 2019 tercatat 11 mahasiswa UNJ di tingkat nasional maupun internasional, di antaranya Emilia Nova yang meraih medali emas dalam Malaysia Open Grand Prix Atletik Asia. (RO/OL-1)

Baca Juga

Antara

Update 7 Agustus: Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Hari Ini

👤MGN 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:33 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 750 sehingga menjadi 50.145...
DOK MI

Kasus Covid-19 Bertambah 4.279 Orang

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:30 WIB
BERDASARKAN data Satgas Covid-19 hingga 7 Agustus 2022, kasus konfirmasi positif covid-19 bertambah sebanyak 4.279...
Dok Dompet Dhuafa

Eduwisata Ratusan Anak Yatim ke Sea World

👤Media Indonesia 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:10 WIB
ADA banyak cara berbagi kebahagiaan terhadap mereka yang kurang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya