Selasa 10 September 2019, 21:45 WIB

Kemenristekdikti Gelar Pameran Teknologi dan Inovasi Industri

Antara | Humaniora
Kemenristekdikti Gelar Pameran Teknologi dan Inovasi Industri

Ist
Menristekdikti M Nasir saat memberikan keterangan terkait Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri (I3E), Selasa (10/9).

 

SEBANYAK 396 peserta (exhibitor) meramaikan Pameran Startup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri (I3E) yang akan diadakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) pada 3-6 Oktober 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

"Kami ingin hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat dan menumbuhkan sektor industri, khususnya menjawab tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0," kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, dalam konferensi pers Pameran I3E di Jakarta, Selasa (10/9).

Nasir mengatakan, I3E bertujuan untuk mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas.

Sebanyak 396 peserta pameran itu terdiri atas 248 startup atau perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT), 130 calon PPBT, tiga perusahaan lanjutan berbasis teknologi (PLBT), dan 15 inovasi industri.

Sejak 2015, Kemristekdikti telah melakukan program penumbuhkembangan wirausaha rintisan berbasis teknologi dan hasil lembaga peneltian dan pengembangan yang dimanfaatkan industri.


Baca juga: Kemenhan Jadi Tuan Rumah Rakernas Dekranas 2019


Dalam periode lima tahun terakhir, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemristekdikti melakukan telah melakukan pembinaan dan penumbuhan startup teknologi yang berasal dari perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan, industri, serta masyarakat umum sebanyak 1.307 yang terdiri atas 749 PPBT, 558 calon startup (CPPBT), dan 15 inovasi industri.

Pengembangan startup berbasis teknologi dilakukan tiga program utamanya, yaitu Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), dan inovasi industri.

Ajang pameran I3E ke-5 dengan tema 'Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa' ini diharapkan dapat menjadi daya tarik kepada calon konsumen pengguna dan investor.

Kegiatan-kegiatan lain yang akan diadakan dalam memeriahkan pameran itu adalah seminar bisnis dan teknologi, speed dating, talkshow bisnis, bisnis coaching, dan kompetisi ide teknologi. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Prevalensi Narkoba di Lingkungan Perguruan Tinggi Capai 3,2%

👤Faustinus Nua 🕔Senin 03 Oktober 2022, 16:21 WIB
Dari jumlah mahasiswa yang terpapar narkoba tersebut, tercatat sebanyak 13% mengalami...
MI/Ramdani

Agustus, Kunjungan Wisman ke RI Capai 510,2 Ribu

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:42 WIB
Secara kumulatif dalam periode Januari-Agustus 2022, BPS mencatat sebanyak 1,73 wisatawan mancanegara telah berkunjung ke...
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

DPR Minta Kemenkes Penuhi Janji Pengadaan Vaksin Meningitis di Awal Oktober

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 15:37 WIB
"Sebab sudah masuk laporan, ratusan calon jemaah umrah di berbagai kota gagal berangkat karena belum bisa mendapatkan vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya