Selasa 23 Juli 2019, 09:00 WIB

Keluarga Berperan Penting Untuk Melindungi Anak

Lina Herlina | Humaniora
Keluarga Berperan Penting Untuk Melindungi Anak

Dok Pemprov Sulawesi Selatan
Acara Forum Anak Nasionalyang melibatkan anak-anak dalam musre di Makassar, Senin (22/7).

 

"KELUARGA adalah unit terkecil dan berperan penting dalam pemenuhan hak anak, serta melindungi anak dari segala bentuk kekerasan. Termasuk menjaga dan memelihara serta mendidik anak berperilaku baik dan berakhlak mulia," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7). Tema Hari Anak Nasional 2019 adalah Peran keluarga dalam melindungi anak.

"Makanya digaungkan isu keluarga menjadi sangat penting dan strategis dalam membina anak-anak dalam menciptakan keluarga yang sehat dan kuat. Kita jamin kalau keluarga kuat, negara akan kuat," ujarnya.

Sehari sebelumnya digelar Forum Anak Nasional (FAN) di Fort Rotterdam. FAN ini selalu dilaksanakan setiap peringatan Hari Anak Nasional. Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah Satu Dekade FAN, Kita Beda Kita Bersaudara, Bersama Kita Maju.

"Tujuan Forum Anak Nasional adalah memunculkan kepedulian semua pihak untuk mewujudkan lingkungan yang berkualitas bagi anak. Dan arti penting peningkatan kualitas anak melalui pola pengasuhan yang berkualitas," kata Yohana Yambise.

Dalam forum ini, anak-anak dibekali dengan dua hal yakni pelapor dan pelopor (2P). Menurut Yohana, sebagai pelapor, apa pun yang berhubungan  dengan anak, mereka berhak melaporkan. Baik itu terkait kekerasan atau bullying, mereka berhak melapor. Lalu pelopor adalah mereka juga sebagai agent of change. Dengan melibatkan anak-anak dalam musrembang mulai dari tingkat desa, hingga pusat.

"Sehingga, anak-anak ini bisa menyampaikan suara mereka ke pemerintah daerah, termasuk kepala desa. Bisa didengar dan dimasukkan dalam kebijakan program pemerintah mulai pusat sampai daerah. Mereka juga dalam kesempatan ini membahas 13 isu. Di antaranya adalah narkoba, medsos, termasuk rokok, kesehatan anak dan anti kekerasan, serta setop
perkawinan anak. Begitu pula perubahan iklim," urai Yohana.

Pada kesempatan sama Wagub Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa pendidikan anak saat ini tidak perlu dibatasi selama masih dalam pengawasan orang tua.

"Yakin anak-anak Indonesia akan menjadi generasi yang baik, perlu kita mencarikan celah agar generasi kita menjadi generasi terbaik ke depan," ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Wagub menambahkan anak-anak sebagai agen perubahan. Anak-anak harus dilibatkan sejak tahap perencanaan pembangunan. Dengan begitu diharapkan suara, pandangan, dan ide-ide kreatif mereka dapat menjadi masukan dalam membangun bangsa.

Setelah upacara, kegiatan HAN 2019 akan ditutup dengan malam penganugerahan  kabupaten/kota layak anak (KLA) di Hotel Four Points  Makassar, yang akan dihadiri Ibu Mufidah Jusuf Kalla, menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

baca juga: Atasi Kemiskinan

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Lenny Nurhayati Rosalin menambahkan pada penutupan HAN 2019, akan memberi penghargaan kepada kota/kabupaten layak anak.

"Tahun ini penerima penghargaan KLA mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tapi tiap tahun meningkat. Tahun lalu ada 177 kabupaten/kota penerima KLA. Yang pasti jumlahnya cukup meningkat signifikan," ungkap Lenny. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...
DOK Medcom

Beasiswa OSC Medcom.id Permudah Pencarian Siswa Unggulan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:40 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id dinilai mempermudah pencarian bibit unggul yang akan berdampak pada pembangunan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya