Rabu 26 Juni 2019, 08:40 WIB

Rokok Elektrik juga Ganggu Kesehatan

mediaindonesia | Humaniora
 Rokok Elektrik juga Ganggu Kesehatan

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama/17
Rokok Elektrik juga Ganggu Kesehatan

 

 PAKAR kesehatan masyarakat, Prof dr Hasbullah Thabrany, mengatakan rokok elektrik atau vape tidak bisa dilihat sebagai sesuatu yang berbeda dengan rokok biasa karena keduanya menimbulkan persoalan kesehatan yang serupa.

Dalam diskusi mengenai pengawasan produk tembakau dan tinjauan kebijakan rokok elektrik yang diadakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) di Jakarta, kemarin, Hasbullah mengatakan bahwa rokok elektrik bukanlah solusi bagi permasalahan-permasalahan yang timbul akibat rokok biasa.

Ia mengatakan, meski diklaim lebih sehat, rokok elektrik bukanlah pilihan untuk digunakan sebagai cara melepaskan perokok dari kebiasaan merokok. Menurutnya, rokok elektrik merupakan bagian dari diversifikasi produk industri rokok.

"Apakah yakin rokok elektrik akan bisa dikendalikan? Kalau tidak yakin bisa, lebih baik dari awal pemerintah melarang total peredaran rokok elektrik," kata Hasbullah.

Ia menambahkan, industri rokok berusaha mempertahankan bisnis dengan meragamkan produk, termasuk menghadirkan rokok elektrik. Mereka juga memperluas pasar dengan membidik anak-anak. "Anak-anak perokok saat ini semakin banyak."

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), prevalensi perokok anak meningkat dari 7,2% (2013) menjadi 9,1% (2018). (Ant/H-2)

Baca Juga

Ist

Atasi Banjir di Kalsel, Perlu Peningkatan Tata Kelola Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 15:16 WIB
Tata kelola air di DAS Kalsel perlu ditingkatkan, khususnya pengelolaan dan pengawasan air limpasan yang terjadi di daerah hulu melalui...
MI/Insi Nantika Jelita

Sandiaga Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:25 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),...
Medcom.id

Rusak Hutan, Wakil Ketua DPRD Takalar Dijerat Pidana Berlapis

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:57 WIB
Penyidik menduga perbuatan tersangka HJB yaitu menebang pohon tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya