Kamis 04 April 2019, 07:00 WIB

Kanibal karena Pemanasan Global

MI | Humaniora
Kanibal karena Pemanasan Global

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

PEMANASAN global ternyata diduga ikut menyebabkan Neanderthal atau manusia zaman dulu menjadi pemakan sesama manusia alias kanibal.

Ini disampaikan ilmuwan dari Prancis setelah mereka selesai meneliti 120 tulang Neanderthal yang ditemukan di sebuah gua di Baume Moula-Guercy di tenggara Prancis. Tulang belulang itu menunjukkan adanya praktik kanibalisme.

Dikatakan bahwa iklim di daerah itu mungkin lebih hangat daripada hari ini dan transisi dari iklim yang dingin dan gersang ke yang lebih hangat terjadi dengan cepat.

"Kemungkinan perubahan iklim itu terjadi hanya dalam beberapa generasi," kata Emmanuel Desclaux yang merupakan seorang periset di Universitas Nice Sophia Antipolis di Prancis.

Para ilmuwan menemukan terjadinya perubahan cepat dalam ekosistem lokal saat. Kemungkinan kondisi ini telah membunuh spesies hewan yang biasa dimakan Neanderthal. Akibatnya, mereka terpaksa melakukan kanibalisme agar tidak kelaparan. (Livescience/Den/X-11)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Presiden: Pastikan Kebijakan Penyandang Disabilitas Berjalan Baik

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 03 Desember 2020, 15:03 WIB
Jokowi menekankan tidak boleh ada penyandang disabilitas yang tertinggal dari program layanan pemerintah. Kaum disabilitas memiliki hak...
ANTARA/Kornelis Kaha

Aktivitas Vulkanik Gunung Ile Lewotolok Masih Terus Terjadi

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:45 WIB
Erupsi gunung dengan ketinggian 1.623 meter di atas permukaan laut, terekam di seismogram dengan amplitude 5 mm dan berdurasi 25...
Antara

Picik kalau Benih Lobster Dilihat dari Sisi Bisnis Saja

👤Ardi T Hardi 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:20 WIB
SKANDAL korupsi benih lobster yang merupakan komoditas biodiversitas Indonesia mengambarkan buruknya pengelolaan biodiversitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya