Kamis 08 November 2018, 08:00 WIB

Nutrisi Tepat Percepat Kehamilan

Puput Mutiara | Humaniora
Nutrisi Tepat Percepat Kehamilan

Thinkstock

 

Memiliki anak adalah dambaan setiap keluarga. Selain sebagai penerus keturunan, kehadiran sang buah hati juga dapat menambah kebahagiaan dalam rumah tangga.

Karena itu, wajar apabila setiap pasangan suam istri terutama yang baru menikah kerap merencanakan kehamilan. Namun perlu disadari bahwa untuk bisa segera memiliki momongan perlu persiapan yang matang, termasuk memperhatikan asupan gizi.

dr. Grace Valentine mengatakan, seorang calon ibu bukan hanya harus siap secara psikologis melainkan juga kondisi kesehatan secara menyeluruh. Sehingga demikian disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

"Dokter biasanya akan menganjurkan apa saja yang perlu dilakukan sebelum hamil untuk mencegah kelainan janin," ujarnya dilansir melalui klikdokter.com.

Sebagai contoh, ungkap dr. Grace, kebiasaan mengonsumsi kafein harus dibatasi hanya sekitar 200 mikrogram atau setara dua cangkir kecil kopi dalam sehari. Sebisa mungkin menghindari asap rokok yang dapat menjadi faktor pemicu sulit hamil.

Selain itu, penting juga untuk menjaga berat badan agar tidak terlalu kurus (underweight) atau sebaliknya berlebih (overweight) apalagi sampai obesitas. Pasalnya, kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap kemungkinan memperoleh keturunan.

"Tapi yang paling penting, persiapan asupan nutrisi yang tepat bagi calon ibu akan sangat menentukan keberhasilan kehamilan," tegas dr. Grace.

Ia pun menganjurkan, calon ibu mesti banyak mengonsumsi zat besi (zinc) sebab kekurangan zinc dapat memengaruhi kesuburan wanita maupun laki-laki. Pun sebaliknya, asam folat baik untuk meningkatkan kesuburan sehingga memperbesar kemungkinan cepat hamil.

"Asam folat memang telah lama dikenal dapat mencegah kelainan saraf pada kehamilan," imbuhnya.

Studi memperlihatkan, asam folat dapat menurunkan kejadian kegagalan ovulasi atau proses pelepasan sel telur dari indung telur. Pria yang mengonsumsi asam folat juga berisiko lebih rendah mengalami abnormalitas sperma sebesar 30% yang dapat menyebabkan kelainan kromosom pada janin.

Beberapa makanan yang mengandung asam folat, diantaranya, asparagus, brokoli, aneka sayuran hijau, telur, daging, serta susu asam folat. Jumlah konsumsi asam folat harian yang direkomendasikan yaitu sebanyak 400 mikrogram perhari, dimulai sejak berencana untuk hamil hingga kehamilan berusia 12 minggu.

"Kekurangan asam folat saat hamil, terutama di trimester pertama sangat berisiko hingga menyebabkan bayi mengalami cacat lahir," cetus dr. Grace.

Manfaat susu
Kendati, menurut dr. Grace, mengonsumsi makanan harian yang bergizi saja tidak cukup bagi calon ibu hamil. Susu juga penting dikonsumsi selama persiapan kehamilan karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan seperti kalsium, protein, vitamin D, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya.

Prenagen Esensis adalah salah satu produk susu yang sangat direkomendasikan karena diproduksi secara khusus oleh PT Kalbe Farma untuk membantu meningkatkan kesuburan serta memiliki banyak sekali manfaat dan nutrisi penting bagi terbentuknya janin.

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam Prenagen Esensis, yaitu vitamin E selain sebagai antioksidan juga dapat menurunkan risiko seseorang mengalami keguguran. Tentunya, asam folat dalam Prenagen Esensis sangat penting untuk pertumbuhan calon janin.

Begitupun dengan kandungan zat besi (zinc) di dalam Prenagen Esensis berguna untuk mencegah terjadi keguguran akibat anemia. Meskipun rendah lemak, dalam kasus tertentu, Prenagen Esensis ampuh menambah berat badan terutama wanita kurus.

Sedangkan keistimewaan Prenagen Esensis karena mengandung nutrisi kolin yang tidak semua susu memilikinya. Nutrisi kolin akan disimpan tubuh dan kelak akan dibongkar untuk mendukung kecerdasan otak anak saat dalam kandungan. Dalam 100 gram susu Prenagen Esensis terdapat 154 mg kolin.

Selain berkhasiat, Prenagen Esensis memiliki tiga varian rasa yaitu coklat, vanila, dan moka yang dapat dipilih sesuai selera. Prenagen Esensis sangat mudah didapatkan di toko-toko terdekat seperti supermarket ataupun minimarket dengan harga relatif terjangkau.

Agar cepat hamil
Sementara itu, dr. Nadia Octavia menuturkan bahwa ada cara jitu yang bisa dicoba supaya pasangan suami istri cepat memperoleh keturunan. Diantaranya dengan melakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan serta mengetahui secara pasti siklus menstruasi.

"Menghitung siklus menstruasi penting agar dapat mengetahui periode ovulasi karena saat pada periode ovulasi itulah seseorang dianjurkan untuk memfokuskan hubungan seksual," jelasnya.

Cara menghitung masa subur; jika siklus menstruasi normal yakni 21-35 hari, cara menghitung masa suburnya adalah 14 hari sebelim haid berikutnya (plus minus dua hari).

dr. Nadia melanjutkan, agar cepat hamil sebaiknya frekuensi berhubungan seksual dapat diatur. Meskipun, tidak ada suatu penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa posisi seks tertentu dapat memaksimalkan potensi untuk cepat hamil.

"Namun yang jelas, semakin sering frekuensi hubungan seksual tanpa kontrasepsi jelas semakin meningkatkan potrnsi terjadinya kehamilan," ucapnya.

Meskipun, tukas dr. Nadya, bukan berarti harus meningkatkan frekuensi hubungan seksual karena terlalu sering berhubungan seksual juga memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan.

Lebih lanjut, setelah berhubungan seksual dianjurkan agar berbaring di tempat tidur selama 10-15 menit dan tidak perlu mengangkat kaki lebih tinggi. Hal itu bertujuan agar sperma dapat dengan mudah masuk dan tetap berada di dalam serviks.

Para ahli pun menganjurkan agar sebaiknya melakukan hubungan seksual secara rutin, baik saat ovulasi maupun tidak sebab sperma dapat hidup selama 72 jam setelah berhubungan seksual.

"Selain itu, jangan memakai celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat, terutama bagi pria karena dapat memperburuk kualitas sperma. Sama halnya dengan berendam di air panas, sauna, ataupun sering duduk di atas mesin motor," tandasnya.

Akan tetapi, di samping menjalani tips tersebut yang paling utama adalah tetap menjalani pola hidup sehat, olahraga, dan menghindari stres. Dengan begitu, kemungkinan untuk cepat hamil akan lebih besar. (X10-25)

Baca Juga

DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Kemenko PMK Gandeng SMK Binaan Astra Tingkatkan Kemandirian Pangan dan Perbaikan Lingkungan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:25 WIB
Gerakan Penanaman 10 juta Pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyadari persoalan lingkungan saat...
FOTO/researchgate.net

Inilah Bahaya yang Mengerikan Akibat BPA 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:23 WIB
Paparan BPA memiliki risiko terhadap gangguan perkembangan janin, menghasilkan kondisi feminisasi janin, fetus infertilitas, kualitas...
MI/Panca Syurkansi.

Cocok untuk Diet, Kimpul Alternatif Pengganti Nasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:13 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) menginisiasi talas belitung atau yang dikenal dengan kimpul sebagai calon pengganti nasi dari beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya