Senin 14 September 2015, 00:00 WIB

12 Mahasiswa Tiongkok Ikut Diwisuda di Kampus Ini

Sidik P | Humaniora
12 Mahasiswa Tiongkok Ikut Diwisuda di Kampus Ini

DOK.UNAS

 
SEBANYAK 12 mahasiswa asing asal Tiongkok mampu menyelesaikan kuliah mereka di Universitas Nasional (Unas), Jakarta. Mereka ikut diwisuda di antara 603 alumni program diploma dan sarjana Unas periode II tahun akademik 2014/2015, di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (13/9).

Ke-12 mahasiswa asing itu meraih gelar sarjana dari Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra program studi Bahasa Indonesia, dalam waktu dua tahun setelah setelah sebelumnya mengambil program diploma di negara asalnya.

Dari ke-12 mahasiswa asing itu, tiga di antaranya yakni Liang Yuxue, Feng Bei, dan Meng Nayuan, bahkan akan meneruskan jenjang magister di Unas. ''Saya meneruskan S2 Sains Manajemen di Unas. Di sini lingkungan akademik dan dosennya enak dan baik. Kualitasnya juga bagus,’’ ungkap Liang Yuxue.

Rektor Unas Dr El Amry Bermawi Putera menyatakan para mahasiswa asing asal Tiongkok itu berhasil lulus tepat waktu. ''Itu bukti bahwa kerja sama yang kami jalin dengan Guangxi University di Tiongkok, meliputi pertukaran pelajar, dosen, serta transfer kredit antara kedua belah pihak berjalan lancar,'' ungkap El Amry Bermawi Putera, di sela acara prosesi wisuda.

Ia menambahkan selain Guangxi University, universitas lain di Tiongkok juga mempercayakan mahasiswa mereka untuk belajar di berbagai program studi di Unas. Untuk tahun akademik 2015/2016 misalnya, 28 mahasiswa belajar pada program studi S1 Ekonomi, S1 Hukum, S1 Bahasa dan Sastra serta program studi S2 (pascasarjana) Ilmu Manajemen.

Pada wisuda itu, sebanyak delapan mahasiswa asing program Darmasiswa Republik Indonesia hadir. Mereka berasal dari universitas di dunia seperti, Italia, Rusia, Uzbekistan, Korea Selatan, Kamboja, Thailand dan Timor Leste yang belajar Bahasa dan kebudayaan Indonesia di Unas selama satu hingga dua semester pada tahun ini.

Program Darmasiswa ialah program pemerintah Indonesia yang memberikan kesempatan kepada universitas terpilih di Indonesia untuk menerima mahasiswa asing. Di Jakarta, Unas adalah satu dari tujuh universitas yang dipercaya menjalankan program Darmasiswa dari pemerintah selama 10 tahun.

El Amry Bermawi Putera menambahkan pihaknya terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak. Antara lain, Unas belum lama ini mengirim tim kerjasama dan mahasiswa untuk mengikuti Joint Summer Program di Catholic University of Daegu, Korea, pada 16-24 Agustus 2015.

Selanjutnya, Unas akan mengirim delegasi ke Tiongkok-ASEAN Vocational Education Exhibition and Forum 2015 di Nanning, Tiongkok, pada 18-19 September 2015. Eksibisi diikuti oleh 110 universitas, 80 kementerian dan dihadiri oleh menteri-menteri se-Asean dan China.

Pada kesempatan sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unas Dr. Iskandar Fitri, S.T.,M.T menyatakan tahun ini pihaknya telah mendapatkan penghargaan dari kopertis wilayah III sebagai perguruan tinggi sehat untuk kategori sehat murni. Dengan penghargaan itu, Unas menerima hibah senilai Rp800 juta untuk memperkuat laboratorium Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan dan Laboratorium Bahasa Korea di  Akademi Bahasa Korea. (RO/H-2)

Baca Juga

Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...
Ist

Sajikan Info Terkini Kenotariatan, Fakultas Hukum UP Luncurkan Web

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:44 WIB
Konten website dan jurnal bisa mencerminkan keadaan yang sebenarnya terutama apa yang jadi visi keilmuan dan kekhasan program studi...
Dok. Kemendikbudristek

Kemendikbudristek-PNUP Gandeng PT Pembangkit Jawa Bali Kembangkan Energi Terbarukan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:37 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengatakan, kerja sama itu sangat relevan dengan nawacita pemerintah bahwa pendidikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya