Kamis 27 September 2018, 22:10 WIB

Edutech KIPIN Terobosan Pembelajaran Daerah Terpencil

Kisar Rajaguguk | Humaniora
Edutech KIPIN Terobosan Pembelajaran Daerah Terpencil

ist

 

KALANGAN milenial bakal mendapatkan materi pembelajaran melalui media digital secara gratis.

Adalah PT Gratika bersama Pendidikan.id meluncurkan KIPIN ATM 2.0, sebuah teknologi EduTech yang memiliki program tersebut. KIPIN ATM 2.0 merupakan sebuah kios pintar digital yang berbentuk mirip dengan mesin ATM, berisi ribuan Buku Pelajaran Sekolah (K13-Kemendikbud), 1000+ Video Pembelajaran (K13), 17.000+ soal Tryout (berbasis UNBK) dan 150+ Komik Literasi untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang dapat membantu pelajar dalam memperoleh materi pelajaran lengkap agar dapat belajar secara mandiri dengan cara yang modern dan menyenangkan.

"Keunggulan KIPIN ATM 2.0 ini ialah sudah dilengkapi dengan jaringan WiFi yang dinamakan ‘eduSPOT’ di mana semua data (materi pelajaran) yang ada di dalam KIPIN ATM bisa diunduh ke device

pengguna tanpa membutuhkan pulsa/kuota internet (gratis 100%)," ujar CEO Pendidikan.id, Santoso Suratso di kampus UI, Depok, Kamis (27/9).

Teknologi digital ini diyakini dapat membantu proses belajar anak karena memiliki metode belajar ganda, di mana belajar bukan hanya membaca buku namun juga dikuatkan dengan video yang diharapkan dapat menstimulasi penyerapan materi secara maksimal. 

Selain itu, KIPIN juga dilengkapi dengan fitur Tryout

(paket soal) agar setiap anak dapat berlatih tes soal secara intensif sehingga memberi kepercayaan diri untuk menghadapi ulangan/ujian di sekolah. Selain itu, agar tidak bosan dan terus semangat belajar, anak-anak juga dapat membaca komik literasi yang menghibur namun juga berbasis pendidikan moral, budi pekerti, kesehatan dan pengetahuan umum.

"Bisa dibayangkan jika materi pelajaran lengkap sudah bisa diperoleh gratis di seluruh Indonesia, kemampuan pelajar Indonesia akan meningkat. Ke depan tentu dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya," tegas Santoso lagi.

Selain itu, hadirnya KIPIN ATM juga dapat membantu permasalahan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal). Sebab sangat fleksibel, tidak membutuhkan internet dan hanya membutuhkan koneksi listrik saja. Sehingga anak Indonesia di manapun lokasinya dapat belajar menggunakan fasilitas digital learning

.

Direktur Utama PT Gratika, Mulyanta mengatakan, KIPIN ATM 2.0 ini sekaligus menjawab pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa bertahun-tahun pendidikan Indonesia tanpa inovasi besar. Sehingga menyebabkan masih buruknya akses pendidikan di daerah pedalaman. Kini, dengan hadirnya KIPIN ATM sebagai revolusi baru dalam dunia pendidikan, diharapkan anak Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik.

"Kami bersama Pendidikan.id mengharapkan tercapainya misi '1 KIPIN untuk 1 SEKOLAH' demi mewujudkan pendidikan yang adil dan merata. Sehingga tujuan mencerdaskan anak Indonesia untuk memajukan bangsanya di masa depan akan segera terwujud," tandasnya. (O-2)

Baca Juga

Setwapres

Wapres Dorong NU Terdepan Atasi Persoalan Sosial

👤Ant 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:49 WIB
Ma'ruf Amin menjelaskan saat ini umat tengah dihadapkan pada perkembangan teknologi informasi yang memiliki dua...
Dok. Universitas Pancasila

Gandeng Universitas Cenderawasih, Universitas Pancasila Jalin Kolaborasi di Bidang Olahraga dan Akademik 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:45 WIB
Adanya kolaborasi ini memberi kesempatan kepada kedua kampus untuk bisa melakukan pertukaran mahasiswa dan...
Dok. Kalbis Institute

Kalbis Institute Luncurkan Program Management in Family Bussiness 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:36 WIB
Program itu bertujuan untuk bisa menjadi jembatan bagi seluruh mahsiswa agar bisa melanjutkan serta mengembangkan usaha yang telah dirintis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya