Jumat 02 September 2016, 03:10 WIB

Agni Pratistha Berlari Bersama Penyintas Kanker

Indriyani Astuti | Hiburan
Agni Pratistha Berlari Bersama Penyintas Kanker

ANTARA/PARAMAYUDA

 

PUTRI Indonesia 2006, Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono, 27, aktif mendukung kampanye untuk meningkatkan kesadaran para perempuan tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara. Agni akan berlari sejauh 5 kilometer bersama para pelari dan penyintas kanker payudara dalam acara Jakarta Goes Pink. Acara itu akan diselenggarakan pada 9 Oktober oleh Lovepink, sebuah komunitas yang memiliki 99% anggota penyintas kanker. Selain berlari dan fun walk, Agni menjelaskan acara tersebut juga mengajak peserta untuk berdonasi.

Uang yang terkumpul akan disumbangkan ke komunitas para penyintas kanker. Peserta dapat mendaftarkan diri di www.jakartagoespink.com. Dia juga berharap acara itu dapat memberikan semangat bagi para penyintas kanker dan membangun kesadaran publik tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara. "Jadi, para perempuan mari check up rutin ke dokter dan periksa payudara sendiri (sadari). Kita akan jadi lebih sadar dan mau tahu tentang kesehatan kita," katanya dalam jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (1/9).

Istri Ryan Anthony Monoarfa itu menuturkan deteksi dini dan pemeriksaan rutin bagi perempuan tidak hanya dilakukan sebagai antisipasi kanker payudara, tetapi juga bermanfaat untuk mendeteksi penyakit lain. Agni mengungkapkan, pada 2011 dia sempat didiagnosis mengidap kista pada rahim dan kini kista tersebut sudah diangkat. Berawal dari sanalah dia rutin memeriksakan diri ke dokter. "Perempuan punya payudara dan rahim pastinya harus rutin check up. Kalau bisa, ingatkan tiap berapa waktu sekali. Misalnya pap smear. Aku jadwalkan check up ke dokter tiap ulang tahun. Jadi, tidak akan lupa," imbuhnya. Pemeriksaan rutin itu juga merupakan sebuah kejujuran untuk diri sendiri. "Kita harus jujur sama diri kita untuk ngetahuin kondisi kita sebenarnya itu penting," tambah Agni.

Menggunduli rambut
Setelah beberapa lama tidak bermain film, Agni memutuskan terlibat lagi dalam proses produksi film berjudul Pinky Promise. Film itu diinspirasi kisah dari para pasien dan penyintas kanker payudara yang ada di komunitas Lovepink. Agni menuturkan dirinya berperan sebagai salah satu karakter di film itu. Dikisahkan, ia mengidap kanker dan merasa hidupnya telah hancur. Namun, ia bertemu dengan para penyintas kanker payudara yang lain. Pada satu adegan, Agni dituntut untuk berakting secara total sehingga ia harus menggunduli kepalanya. "Di situ saya semakin merasakan apa yang dirasakan para survivor kanker payudara," ujar adik kandung model dan aktris Sigi Wimala itu. Ia bersyukur sang suami mendukung penuh perannya dan tidak keberatan. "Buat dia ini sangat luar biasa dan memberikan efek kepada penonton. Lebih total berakting," tukas Agni. Tidak hanya Agni, Chelsea Islan, Dea Ananda, dan Derby Romero juga terlibat dalam film tersebut. (H-5)

Baca Juga

AFP

Daniel Craig Emosional saat Pamit dari Peran James Bond

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 19 September 2021, 08:40 WIB
AKTOR Daniel Craig merasa emosional saat memberikan pidato perpisahan singkat kepada teman-temannya di kru film James Bond mendatang,...
Dok.WeTV

WeTV Berhasil Bawa Konten Lokal Indonesia Go International

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 18 September 2021, 12:15 WIB
Terbukti, WeTV Original Little Mom yang dirilis pada 10 September lalu berhasil masuk jajaran trending program WeTV di 10 negara berbeda...
Dok MI

Masterpiece Auction Lelang Karya Maestro Indonesia dan Asia Tenggara

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Jumat 17 September 2021, 23:59 WIB
Salah satu lukisan yang dilelang adalah karya Affandi yang berjudul Perahu Jukung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya