Selasa 10 Januari 2023, 12:45 WIB

NewJeans Diserang Warganet Tiongkok karena Promosikan Kertas Hanji

Basuki Eka Purnama | Hiburan
NewJeans Diserang Warganet Tiongkok karena Promosikan Kertas Hanji

Instagram @newjeans_official
NewJeans

 

GRUP K-Pop NewJeans diserang wargenet Tiongkok setelah mempromosikan kertas tradisional Korea, Hanji, dan teknik pembuatannya.

Menurut The Korea Times, Selasa (10/1), NewJeans muncul dalam video promosi Hanji yang diselenggarakan Korea Craft & Design Foundation, sebuah afiliasi dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata. Video itu diunggah di kanal YouTube yayasan tersebut pada Jumat (6/1).

Dalam video berdurasi 13 menit itu, kelima anggota NewJeans mengenakan pakaian tradisional Korea atau Hanbok dan berbicara tentang ciri khas Hanji, yang dibuat dari kulit bagian dalam pohon murbei. Mereka juga mencoba membuat Hanji dengan seorang ahli bernama Ahn Chi-yong.

Baca juga: NewJeans Pecahkan Rekor Lewat OMG

Warganet Tiongkok mengklaim hal tersebut sebagai tindakan perampasan budaya dengan mengatakan Korea sedang mencoba mencuri budaya tradisional Tiongkok. Diketahui, negara tirai bambu itu merupakan penemu kertas.

"Orang Korea sebelumnya mencuri simpul tradisional Tiongkok, mereka sekarang mencuri pembuatan kertas, dan mungkin mereka akan mencuri karakter Tiongkok," tulis seorang warganet.

"Kalian orang Korea tidak pernah mempelajari sejarah dan karenanya memiliki pemahaman yang rendah tentangnya," tulis warganet lain.

Sementara itu, warganet Korea membantah klaim tersebut. Menurut mereka, NewJeans tidak mengatakan bahwa kertas berasal dari Korea, tapi hanya berbicara mengenai tradisi pembuatan kertas Korea.

Kertas Hanji sendiri telah dikembangkan di Korea selama lebih dari 1.300 tahun.

"Ponsel pintar berasal dari Amerika Serikat, tetapi apakah Amerika Serikat pernah marah kepada Anda karena Xiaomi mempromosikan ponsel cerdas?" tulis salah satu warganet.

"Orang Tiongkok menonton drama Korea dengan mengunduhnya secara ilegal dan menyalin program hiburan Korea. Sekarang mereka menyebut orang Korea pencuri?" ungkap warganet Korea lainnya. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Instagram @melaney_ricardo

Kerap Sakit Saat Haid, Melaney Ricardo Putuskan Operasi Angkat Rahim

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:45 WIB
Adenomyosis merupakan kondisi di mana lapisan permukaan rongga rahim (endometrium) yang seharusnya berada di luar, tumbuh dalam dinding...
Instagram @gareth_gates

Juara British Pop Idol, Gareth Gates ,Jadi Opening Act Konser Blue di Jakarta

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:30 WIB
"Color Asia Live ingin menampilkan kembali Blue di Indonesia sekaligus bernostalgia dengan tembang-tembang hits Blue dan memeriahkan...
Instagram @pesugihanmovieofficial

Film Pesugihan akan Dirilis pada 23 Februari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:15 WIB
Dalam proyek film ini, Hanny kembali bekerja sama dengan Nirina, setelah 17 tahun lalu sama-sama terlibat di film...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya