Sabtu 29 Oktober 2022, 05:35 WIB

Pionir Rock and Roll AS Jerry Lee Lewis Tutup Usia

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Pionir Rock and Roll AS Jerry Lee Lewis Tutup Usia

AFP/Kevin Winter / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Legenda musik AS Jerry Lee Lewis

 

PIONIR rock and roll Amerika Serikat (AS), yang bersinar pada 1950-an, dan berperan membentuk genre tresebut, Jerry Lee Lewis meninggal dunia pada Jumat (28/10) di usia 87 tahun.

Terkenal karena rambut pirang panjangnya, suara pianonya yang menggelegar, dan penampilan panggungnya yang liar, Lewis disebut meninggal dunia karena usia tua.

"Dia sudah siap untuk meninggalkan dunia itu," ujar istri Lewis, Judith dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Aktor Leslie Jordan Tutup Usia

Pernyataan itu juga menyebut Lewis telah lama menderita sakit.

"Dia memaksa tubuhnya berusia keras saat berusia muda sehingga tidak ada yang menyangka dia akan mencapai usia paruh baya atau hingga tua seperti sekarang ini," lanjut pernyataan itu.

Penyanyi yang terkenal lewat Great Ball of Fires itu memiliki karier berdurasi lebih dari setengah abad dan kerap diberitakan karena kegemarannya bergonta-ganti istri, termasuk menikahi sepupunya yang masih remaja.

Sahabat sekaligus rival Elvis Presley itu juga dikenal gemar mengonsumi alkohol dan berselisih dengan pemerintah mengenai jumlah pajak yang harus dibayarkannya.

Lahir pada 29 September 1935 di Ferriday, Louisiana, Lewis mulai bermusik di usia 9 tahun. Pada tahun berikutnya, orangtua Lewis menjaminkan perkebunan keluarga demi bisa membeli piano untuk anak mereka.

Pada 1956, nama Lewis mulai dikenal di Memphis, Tennessee, Dia dikontrak oleh produser Sam Phillips dari Sun Records, yang berperan meroketkan nama Presley.

Pada tahun itu, Lewis, Presley, Johnny Cash, dan Carl Perkins kemudian merekam album Million Dollar Quartet, yang dirilis beberapa tahun kemudian dan meraih sukses besar.

Nama Lewis semakin melesat pada tahun berikutnya lewat lagu Whole Lotta Shakin' Goin' On. Namun, karena liriknya dianggap terlalu provokatif, beberapa radio menolak memutar lagu tersebut.

Lagu Lewis berikutnya adalah Great Balls of Fire, yang hingga hari ini masih memegang rekor untuk single terlaris sepanjang masa. Lagu itu juga diambil untuk menjadi judul film dokudrama mengenai Lewis yang dibintangi Dennis Quaid pada 1989.

Saat Presley terkenal karena goyangan pinggulnya, Lewis terkenal karena aksi gilanya di piano mulai dari bermain menggunakan tangan dan kaki, lompat ke atas piano, dan terakhir dengan memainkan piano yang tengah terbakar.

Penampilan atraktif Lewis di piano membuat Elton John pernah mengatakan, "Saya tidak akan menjadi seperti saat ini jika bukan karena dia. Dia adalah inspirasi saya."

"Penampilannya sangat mengejutkan. Dia luar biasa saat bermain piano," lanjutnya. (AFP/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

MI/Meilani

Tropic Fever Memanggil Kembali Ingatan Zaman Kolonial

👤Meilani Teniwut 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:27 WIB
Film tersebut diceritakan dalam tiga bab dan menarasikan monolog berdasarkan sebuah buku semi-autobiografi yang ditulis oleh...
MI/Ardi T Hardi

Garin Memulai Debut Film Horor dalam Puisi Cinta yang Membunuh

👤Ardi T Hardi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:30 WIB
. Film yang berjudul Puisi Cinta yang Membunuh tersebut merupakan film pertama Garin Nugroho yang bergenre...
Dok KlikFilm

Film Triangle Of Sadness Hingga Cross The Line Temani Libur Nataru di KlikFilm

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:48 WIB
Memasuki akhir tahun 2022, platform digital KlikFilm menghadirkan film-film baik dari dalam maupun luar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya