Kamis 18 Agustus 2022, 17:53 WIB

Hadiri HUT Kemerdekaan di Istana Negara, Reza Rahardian Tampil Mempesona dibalut Karya Auguste Soesatro 

Mediaindonesia.com | Hiburan
Hadiri HUT Kemerdekaan di Istana Negara, Reza Rahardian Tampil Mempesona dibalut Karya Auguste Soesatro 

Dok. Pribadi
Aktor Reza Rahardian mengenakan beskap Jawa karya Agustuse Soesastro saat hadiri peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara

 

PUBLIK ramai-ramai memuji penampilan Reza Rahardian dalam memenuhi undangan Upacara 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka Jakarta kemarin. Tampilan cukup sederhana, tapi mampu menghidupkan kekayaan rasa nilai folosofi serta budaya jawa disaat bersamaan.

Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menyematkan gelar "Pangeran Jawa" kepada aktor film Tjokroaminoto ini, sekaligus terpesona penampilan dibawah balutan beskap dan kain batik ini.  

Auguste Soesastro, founder dari merek Kraton adalah kreator beskap hitam yang dikenakan Reza, sukses mentransformasi beskap tradisional untuk tetap relevan dengan konteks saat ini, tanpa menghilangkan akar budaya yang telah melekat selama ini. 

Auguste menjelaskan, beskap yang dipakai Reza Rahardian merupakan bagian koleksi tema "Javanese Invasion" pada 2019 lalu. 

"Saya berterima kasih kepada masyarakat yang menyambut baik hasil karya saya, yang dipadu padan dengan sangat baik oleh Hagai Pakan selaku penata gaya yang mewujudkan overall look dari Reza Rahardian di Upacara 77 Tahun Indonesia kemarin," jelas Auguste 

Dalam ulasan perjalanan karirnya, Auguste dipandang mempunyai visi yang radikal tentang evolusi pakaian tradisional Indonesia menjadi bentuk yang modern. Baginya untuk menerjemahkan pakaian tradisional Indonesia menjadi lebih modern tidak cukup dengan memodifikasi batik atau menempelkan kain-kain tradisional sebagai aksen pakaian modern. 

"Saya memiliki ketertarikan yang amat besar untuk kembali merekonstruksi pakaian-pakaian masyarakat tradisional, khususnya di pulau Jawa untuk tetap relevan di hari ini, dan menjadi satu identitas yang kuat agar membangun identitas yang otentik bagi cara berbusana orang Indonesia yang majemuk", jelas Auguste.

Merek Kraton sendiri, menurut Auguste memiliki jiwa yang sederhana namun mengapresiasi keindahan lewat konstruksi dan teknik pengerjaan yang apik sehingga memunculkan pesona alami kepada siapa saja yang memakainya. 

Baca juga : Putri Patricia Akhirnya Kembali ke Dunia Hiburan Setelah Satu Dekade

Kraton lahir di New York, Amerika serikat pada 2008 silam dimana saat itu Auguste sedang merintis karir sebagai perancang busana dari rumah mode Ralph Rucci yang sangat mempengaruhi perjalanan karir hingga hari ini. 

"Akar budaya Indonesia begitu luas untuk membuka berbagai inspirasi karya, yang selama ini saya terus torehkan lewat penciptaan look yang lean and clean, namun tersimpan pola dan pengerjaan yang kompleks dalam proses pengerjaannya." Tambahnya 

Hagai Pakan, penata gaya yang sudah berkolaborasi dengan Reza Rahardian sejak 2008 juga antusias menyambut respons publik yang positif bahkan sampai menjadi trending topic selama beberapa waktu pada 17 Agustus 2022 kemarin. Bagi Hagai, konsep yang diharapkan sangat sederhana namun tetap harus mencerminkan jiwa progresif dari seorang Reza Rahardian itu sendiri. 

"Dengan waktu yang terbatas, yakni kurang dari satu hari setelah menerima konfirmasi undangan; Saya lalu memilih apakah akan menggunakan gaya Jawa atau Bali. Akhirnya gaya Jawa yang saya pilih dan saat itu langsung teringat koleksi dari Auguste Soesastro yang nampaknya sesuai dengan harapan tampilan akhir yang ingin kami diwujudkan", jelas Hagai 

Hagai menjelaskan, proses kreatif memadu-padan karya kreator tanah air menjadi salah satu inspirasi penampilan reza, yakni aksesoris dari Tulola, dan kain batik motif Kawung dengan sentuhan Gurdo atau motif sayap burung garuda yang memperkuat rasa aristokrat dari Reza Rahardian. 

Bagi Hagai yang telah berkecimpung di dunia mode sejak 2006, hasil kolaborasi kali ini sangat membahagiakan apalagi dalam momentum 77 Tahun Indonesia dan memperoleh sambutan yang sangat positif dari masyarakat luas. 

"Dengan rendah hati, Saya berterima kasih, publik mengapresiasi karya yang saya kerjakan bersama Kraton dan Tulola yang melalui proses kreatif yang baik; sehingga mampu menghasilkan tampilan yang memukau banyak pihak", tutup alumnus Jurusan Komunikasi Universitas Indonesia. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Film Kolaborasi Bong Joon Ho dan Robert Pattinson Tayang pada 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 11:50 WIB
Film terbaru dari sutradara Bong Joon Ho, "Mickey 17" yang dibintangi Robert Pattinson akan tayang di bioskop pada tahun...
AFP/JOEL SAGET

Cukilan dari Novel Terbaru Salman Rushdie Dirilis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 06 Desember 2022, 10:45 WIB
Majalah The New Yorker menerbitkan cukilan secara daring berjudul A Sackful of Seeds dari novel ke-15 Rushdie, yang berjudul Victory City,...
MI/HO

Kadhja Bonet Rilis EP California Holiday

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 06 Desember 2022, 10:15 WIB
Kadhja Bonet, pekan ini, merilis EP terbarunya California Holiday - sebuah EP bertema musim liburan dengan enam lagu yang terinspirasi dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya