Rabu 23 Februari 2022, 10:30 WIB

Troye Sivan Berkisah Soal Stigma HIV/AIDS Lewat Three Months

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Troye Sivan Berkisah Soal Stigma HIV/AIDS Lewat Three Months

Instagram @troyesivan
Troye Sivan

 

PENYANYI pop Australia Troye Sivan akan tampil sebagai pemeran utama film Three Months, yang memiliki pesan untuk memerangi ketidaktahuan seputar HIV/AIDS.

Dalam film Three Months, Sivan memerankan Caleb, yang berusia 17 tahun, yang terpapar HIV setelah cinta satu malam (one-night stand) pada malam kelulusan sekolah menengahnya.

Film ini merinci rasa malu dan kecemasan yang dialami Caleb saat menunggu tiga bulan untuk diagnosa. Pedoman medis saat ini memerlukan 12 minggu dari paparan awal untuk hasil yang 100% pasti.

Baca juga: Shafira Veliza Lakukan Debut Lewat Film Start Over

Berlatar belakang tahun 2011, ketika diagnosa positif HIV/AIDS menjadi ketakutan dan ketidaktahuan yang terus merajalela, film ini mengeksplorasi stigma yang dihadapi orang yang hidup dengan HIV.

"Saya pikir ada banyak, tidak selalu informasi yang salah, tetapi banyak jenis ketidaktahuan (tentang HIV)," kata Sivan dalam panggilan video dari Los Angeles.

"Saya akan senang jika film ini berperan dalam menghilangkan stigma seputar HIV dan mendidik orang tentang fakta bahwa dengan akses ke perawatan kesehatan, ini sama sekali bukan 'hukuman mati'," tambahnya.

Bintang berusia 26 tahun ini menjadi terkenal setelah bergabung dengan YouTube pada 2007, mengumumkan seksualitasnya sebagai gay pada 2013 dan menjadi terkenal karena musiknya, sifatnya yang menarik, dan kolaborasi dengan YouTuber lainnya. Dia sekarang memiliki lebih dari 7,5 juta pelanggan (subscribers).

Sivan merilis album debutnya Blue Neighbourhood pada 2015 dengan album keduanya, Bloom, pada 2018 memuncak di No 4 di tangga album Amerika Serikat (AS). 

Dia adalah salah satu artis yang paling banyak diputar sepanjang masa di Spotify (Top 200) dengan lebih dari 5 miliar total streaming.

Sivan memiliki peran yang lebih kecil dalam drama remaja Afrika Selatan Spud dan blockbuster Hollywood X-Men.

Tapi Three Months - yang akan dirilis pada 23 Februari di platform streaming Paramount+ akan menandai peran utama pertamanya.

Untuk penulis dan sutradara film, Jared Frieder, Sivan adalah pilihan yang jelas.

"Saya selalu memikirkan Troye untuk peran ini," kata Frieder dalam sebuah wawancara video, menambahkan bahwa dia mulai menulis naskah ketika Troye menjadi terkenal di YouTube.

Waktu yang berubah

Sivan lahir di Afrika Selatan dan dibesarkan di Australia. Dia sekarang membagi hidupnya antara Los Angeles dan Melbourne.

Sivan mengatakan dia tidak pernah dididik tentang masalah LGBTQ+ atau HIV/AIDS saat tumbuh dewasa.

"Selama pendidikan seks di sekolah, saya tidak pernah tentang HIV secara khusus ... seks gay tidak pernah, tidak pernah dibicarakan," katanya.

Ada juga beberapa karakter LGBTQ+ secara terbuka di layar.

"Ketika saya tumbuh dewasa, saya ingat keduanya, mungkin tiga kali saya melihat cerita aneh di TV dan film. Dan saya ingat itu menjadi pengalaman yang sangat, sangat, sangat formatif," kata Sivan.

"Itu seperti, momen langka dan langka yang saya ingat terasa sangat pribadi bagi saya, sehingga saya seperti 'Ya Tuhan, saya harus menonton ini di tengah malam'," imbuhnya.

Frieder mengatakan dia berharap Three Months akan membantu mengisi kesenjangan bagi orang-orang LGBTQ+ yang tumbuh dewasa, di mana pun mereka berada di dunia.

"Saya ingin orang-orang tidak merasa sendirian. Jika film ini membantu anak-anak melihat diri mereka sendiri di layar, terutama anak-anak queer, itu akan menjadi kebahagiaan hidup saya," pungkasnya. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Instagram @disneyplushotstarid

Bintang Drama Korea LINK: Eat, Love, Kill Berbagi Kisah Saat Pengambilan Gambar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:00 WIB
Baik Yeo Jin Goo maupun Moon Ga Young mengungkapkan tidak sulit untuk membangun chemistry satu sama...
Instagram @__at.mojo

Lewat Single Semoga, Atmojo Sindir Mantan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 09:30 WIB
"Aku kemas dengan bahasa sindiran. Dia percaya diri bilang 'Semoga tiada sesal kau rasa', atau singkatnya ya, 'Semoga kamu...
MI/HO

LP Giobbi Rilis Single All In A Dream

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 05 Juli 2022, 08:45 WIB
All In A Dream adalah single pertama LP Giobbi sejak karya terakhirnya, Sinner, yang merupakan lagu kolaborasinya dengan vokalis dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya